Serunya Merasakan Glamping dengan Pemandangan Gunung Salak

Bogor - Camping bisa dibilang sebagai salah satu aktivitas yang menyenangkan, apalagi kalau kamu memang menyukai pengalaman yang bernuansakan alam. Nah, di Kota Bogor, tepatnya di Desa Taman Sari, Ciapus, Bogor ada destinasi glamping baru bernama Leuweung Geledegan Ecolodge.

Mendengar kata leuweung, mungkin bagi orang Sunda langsung teringat akan hutan belantara yang sepi dan gelap. Tapi, lain halnya dengan tempat camping mewah yang satu ini, di Leuweung Geledegan Ecolodge kamu akan merasakan atmosfer lahan terbuka yang hijau dan udara yang segar. Dijamin bisa melepas penat setelah satu minggu bekerja.

"Walau konsepnya glamping, tapi nuansa camping-nya enggak kita hilangkan. Kalau malam masih ada suara jangkrik dan kodok yang terdengar, agar tetap berasa aja suasana ala camping-nya," ujar Pengelola Leuweung Geledegan Ecolodge sekaligus Direktur PT. Bogor Wahana Kreasi, Rizal Ginanjar Cahyaningrat.

Dengan luas sekitar 3 hektare, tempat ini menyediakan 82 lodge. Lodge-nya pun unik yakni menyerupai tenda tetapi memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang. Jadi, pengunjung bisa tetap merasa dekat dengan alam.

"Kalau pengunjung menginap di sini tetap bisa menikmati segarnya udara pagi kok. Apalagi dengan pemandangan Gunung Salak di depan mata. Jadi, jangan kaget ya apabila di malam hari menjelang tidur, terdengar suara jangkrik, kodok, dan binatang malam lainnya. Suasana seperti ini yang sangat langka didapatkan di perkotaan," tambah Rizal.

Tempat glamping yang satu itu juga dilengkapi dengan dua restoran loh, yakni yang berkapasitas 50 orang dan 100 orang. Selain itu, ada juga fasilitas lainnya yang bisa TemanBaik dapatkan, seperti kolam renang tematik, kawasan untuk outbound, api unggun, hingga lima ruang pertemuan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

Dengan room rate mulai dari Rp1,2 juta sampai Rp3,7 juta, kamu sudah bisa menikmati sensasi menginap di glamping yang ada di Kota Hujan ini. Cocok juga loh sebagai tempat menginap kamu bersama teman-teman, karena satu lodge nya bisa dihuni mulai dari 2 orang sampai 7 orang.

Baca Ini Juga Yuk: Ide Habiskan Pergantian Tahun Bernuansa Air di Ketinggian Bandung

Lestarikan Budaya Sunda sampai Edukasi Tanaman
Ingin tetap melestarikan budaya Sunda, Rizal menuturkan jika ia juga tetap menyajikan makanan tradisional, permainan tradisional hingga seni tradisional. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengenalan budaya Sunda juga apabila ada wisatawan luar negeri yang menginap di tempatnya.

Untuk kuliner, pengelola rupanya menyiapkan makanan dan minuman tradisional khas Tanah Sunda, di luar makanan nasional dan internasional. Beberapa makanan dan minuman jadul yang disediakan contohnya kue balok, bandros, kue putu, bajigur, bandrek, dan sekoteng.

"Yang menyajikannya adalah penjual yang memang sehari-hari berjualan makanan dan minuman tradisional tersebut. Kami sengaja bawa mereka ke sini agar pengunjung bisa berinteraksi dengan mereka. Ini akan menjadi pengalaman yang unik bagi kalangan anak muda," pungkasnya.

Ada yang unik juga nih di Leuweung Geledegan Ecolodge. Karena letak lodge-lodge nya berada di bawah, jadi untuk pengingat waktu makan siang, dan makan malam, ada hansip khusus yang bertugas untuk mengingatkan para tamu apabila waktu makan telah tiba.

"Jangan kaget kalau ada hansip membawa kentongan, terus datang ke tenda. Mereka hanya mengingatkan tamu, bahwa waktu makan siang atau makan malam sudah tiba," papar Rizal.

Sebagai pengelola, Rizal juga memiliki misi ingin memberikan edukasi yang bisa bermanfaat bagi pengunjung, salah satunya tentang tanaman.

"Edukasi di sini lebih kepada penjelasan tentang berbagai tumbuhan yang ada di sekitar Leuweung Geledegan. Ada kebun buah-buahan dan taman bunga. Buah yang bisa ditemui di antaranya sapote, magic fruits, berbagai jenis anggur, dan lain-lain. Kalau di taman bunga, ada bunga matahari, tabebuya, jackaranda, sampai bungur sakura," bebernya.

Pengelola juga menjual bibit-bibit tanaman tersebut, sekaligus membimbing cara merawatnya. Dalam menangani kebun buah dan taman bungai, berikut penyediaan bibit, pengelola menggandeng petani buah dan bunga dari Cisarua (Bogor) dan Lembang (Bandung).

Dengan adanya taman bunga dan kebun buah, buat TemanBaik yang menginap di sini, kamu juga jadi bisa berburu berbagai spot Instagramable yang ada di Leuweung Geledegan Ecolodge.


Foto: Mentari Nurmalia/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler