5 Pilihan Destinasi Wisata di Situbondo

Situbondo - Situbondo merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berada di kawasan pesisir utara Pulau Jawa. Karena lokasinya yang strategis ini, kolonial Belanda di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Hindia-Belanda, H. W. Dandels, membangun Pelabuhan Panarukan yang juga menjadi ujung timur pembangunan Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan.

Namun, nama Situbondo kini tak terlalu banyak dikenal seperti kabupaten Banyuwangi yang menjadi tetangganya. Padahal dari segi wisata, Kota Santri mempunyai beberapa daya tarik yang tak kalah menarik seperti berikut ini.

Taman Nasional Baluran
Sebagian besar orang menganggap bahwa Africa van Java berada di wilayah Banyuwangi. Hal tersebut tak salah, tetapi tak sepenuhnya benar. Sebab nyatanya, Taman Nasional Baluran terletak di antara Wongsorejo (Banyuwangi) dan Banyuputih (Situbondo).

Taman Nasional Baluran sendiri merupakan kawasan padang savana yang menjadi habitat cukup banyak hewan liar seperti benteng, rusa, kijang, kerbau liar, kucing bakau, macan tutul, hingga beberapa jenis burung langka seperti burung rangkong dan layang-lauang api. Selain itu, Baluran juga ditumbuhi beragam vegetasi seperti asam jawa, mimba, gadung, api-api, dan sederet lainnya.

Kebanyakan, pengunjung yang datang ke Taman Nasional Baluran akan berburu foto di padang rumput yang begitu luas dengan latar Gunung Baluran yang menjulang. Namun, tak sedikit pula beberapa pengunjung yang menempuh sedikit lebih jauh ke dalam untuk menikmati dan mengabadikan cantiknya beberapa pantai dan pemandangan dari menara pandang.

Baca In Juga Yuk: Pesona Taman Nasional Baluran, Little Africa di Timur Pulau Jawa

Waduk Bajulmati
Objek wisata yang satu ini masih berada di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Berada di antara Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen, pembangunan Waduk Bajulmati ditujukan untuk membendung Sungai Bajulmati.

Waduk Bajulmati juga kerap disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Jawa Timur. Alasannya tak lain adalah karena cukup banyaknya keberadaan gundukan bukit hijau kecil di tengah-tengah birunya perairan waduk. Seakan tidak cukup, latar pegunungan yang panjang membentang pun menyempurnakan panorama di sini.

Puncak Rengganis
Bila suka mendaki, Puncak Rengganis adalah tempat wisata di Situbondo yang jangat terlewatkan. Puncak ini adalah satu dari beberapa puncak yang berada di Gunung Argopuro yang terkenal sebagai gunung dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa.

Puncak Rengganis dipercaya sebagai tempat yang menjadi keberadaan istana Dewi Rengganis yang 'menghilang' bersama dayang-dayangnya. Dewi Rengganis sendiri konon merupakan putri Prabu Brawijaya dan selirnya.

Selain legenda yang cukup mistis tetapi menarik tentang Dewi Rengganis, Puncak Rengganis memiliki beberapa daya tarik lainnya. Dataran yang berada di ketinggian 2.980 mdpl ini memiliki makam kuno yang dipercaya sebagai makan Dewi Rengganis, arca yang diyakini sebagai perwujudan Dewi Rengganis, kompleks reruntuhan candi, hingga Cikasur yang merupakan padang savana dan ilalang terluas di Gunung Argopuro.

Monumen 1.000 Km Anyer Panarukan
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Situbondo merupakan kabupaten yang menjadi pos ujung timur proyek kolonial Belanda Anyer-Panarukan. Untuk mengenang jasa orang-orang Indonesia yang telah membuat jalan sepanjang 1.000 km tersebut, monumen ini pun didirikan.

Monumen 1.000 Km Anyer Panarukan berada di Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan. Meski cukup sederhana, tetapi monumen ini cukup menarik sekaligus berkesan untuk diabadikan dalam sebuah potret serta pengingat sejarah dan tragedi yang pernah terjadi di wilayah ini.

Pantai Pasir Putih
Ada banyak pantai di Situbondo yang dapat dikunjungi. Namun bila mencari yang paling ikonik, Pantai Pasir Putih adalah jawabannya.

Pantai ini mempunyai fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Selain jembatan kayu yang memanjang ke arah laut, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti menyelam, memancing, hingga menaiki perahu yang disewakan.

Salah satu hal yang membedakan Pantai Pasir Putih dari kebanyakan pantai lainnya di Situbondo adalah keberadaan kawasan hutan hijau yang tak terlalu jauh dari garis pantai. Karena itu, tak heran meski matahari bersinar cukup terik, pengunjung tetap dapat merasakan kesejukan di Pantai Pasir Putih.

Selain lima tempat di atas, Situbondo masih mempunyai beberapa alternatif destinasi wisata lainnya seperti Kampung Kerapu, Pantai Lempuyang, Pantai Pathek, Kampung Blekok, Air Terjun Talempong, dan puluhan lainnya.

Jadi, kapan nih, TemanBaik berkunjung ke Situbondo?

Foto Shelly Salfatira/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler