Tegal Jarong, Destinasi Wisata Baru di Kawasan Waduk Jatigede

Bandung - Masih punya waktu untuk liburan? Yuk bergeser ke kawasan wisata Tegal Jarong yang berlokasi di Desa Cijeungjing, Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Tegal Jarong yang merupakan nama sebuah dusun di Desa Cijeungjing yang juga diartikan "tegalan tanaman jarong", menjadi destinasi anyar yang bikin mata kamu adem dan menenangkan.

Tilik pemandangannya ya TemanBaik, Tegal Jarong siap menyuguhkanmu panorama indah dari hamparan air Bendungan Jatigede dan beberapa spot menarik yang bisa kamu eksplorasi.

Perlu diketahui nih TemanBaik, kawasan wisata Tegal Jarong yang sudah ada sejak tahun 2016 ini sekarang memang lagi viral sebagai wisata air yang murah di kantong loh. Di sana para pelancong bisa menikmati fasilitas penyewaan perahu yang sia mengantar pengunjung menyeberang dan berkeliling di sekitaran Bendungan Jatigede.

Melihat potensi alamnya yang indah, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBT I) dan PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit Jawa Bagian Tengah 2 (PLN UPP Kit JBT 2) terpincut nih untuk lebih berkontribusi dalam penataan dan pengembangan kawasan wisata Tegal Jarong.

"Lokasi Tegal Jarong meman strategis dan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata. Karenanya turut berkolaborasi mengembangkan kawasan wisata ini agar lebih baik dan bermanfaat. Harapannya Tegal Jarong juga bisa menjadiunggulan wisata di Kabupaten Sumedang," ujar Arie Nugroho, Manager PLN UPP Kit JBT 2 kepada BeritaBaik belum lama ini.

Perlu diketahui mulai tahun 2018 lokasi ini memang sudah ditata lebih rapi loh. Tak hanya spot air yang terhamparbluas, di tempat ini juga sudah tersedia area kuliner, Landmark Tegal Jarong, taman hijau, dan berbagai fasilitas yang mumpuni.

"Bahkan di tempat wisata ini juga PLN sengaja membuat rumah kelinci dan taman bermain anak, penataan lapangan terbuka, pembuatan amphitheater DPT serta pembuatan menara cinta untuk berfoto selfie," tambahnya.

Kawasan wisata Tegal Jarong, memang cocok banget disebut sebagai destinasi wisata yang berbanderol rakyat. Semua daya tarik di sini pun disesuaikan dengan semua kalangan usia loh.

"Karena kecenderungannya pengunjung keluarga, kami akhirnya mengoptimalkan fasilitas untuk tempat bermain anak seperti perosotan, jungkat jungkit, mangkuk putar, ayunan dan kandang edukasi ternak kelinci. Selain itu, di area kios atas juga tersedia galer mitra binaan PLN yang menjual makanan khas Jatigede untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh," bebernya.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung dengan kendaraan bermotor hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 5 ribu dan mobil sebesar Rp10 ribu saja. Kawasan wisata Tegal Jarong yang berada di tanah milik Desa Cijeungjing ini pun dikelola langsung oleh Karang Taruna Desa Cijeungjing.

Foto PLN UIP JBT I

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler