'Bandros' Kembali Beroperasi, Perhatikan Hal Ini Ya!

Bandung - TemanBaik, sudah rindu berwisata di Kota Bandung? Ya, kabar baik untuk kamu karena Bandung Tour on Bus (Bus Bandros) kembali beroperasi.

Operasional Bus Bandros di era kenormalan baru tentu saja harus mengalami beberapa penyesuaian. Sejumlah protokol kesehatan diterapkan mulai dari penyemprotan disinfektan, kewajiban menggunakan masker bagi penumpangnya, dan juga penyediaan alat protokol kesehatan seperti hand sanitizer.

Apabila kamu hendak naik Bus Bandros, perhatikan hal-hal di bawah ini, ya:

Beroperasi di 3 Titik Halte
Saat ini, bus bandros beroperasi di 3 halte. Ketiga halte tersebut antara lain Halte Diponegoro (di seberang Museum Geologi), Halte Taman Balaikota Bandung, dan Halte Dalem Kaum (di seberang Pendopo Kota Bandung). Selain itu, armada bus yang beroperasi  hanya 9 bus saja yang dioperasikan dari total 12 bus yang ada.

"Sembilan bus tersebut dibagi dengan tiga halte tempat beroperasi. Jadi di satu halte ada tiga bus bandros," ujar Staf BLUD UPT Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bandung Abdal Hawarik kepada Beritabaik.id, Rabu (17/6/2020).


Terapkan Protokol Kesehatan
Operasional bus bandros di era kenormalan baru juga sangat memperhatikan anjuran Pemerintah terkait protokol kesehatan selama masa kenormalan baru. Seluruh armada bus rutin disemprot dengan cairan disinfektan dan dibersihkan secara berkala.

Selain itu, penumpang bus bandros harus terlebih dahulu melakukan pengecekan suhu tubuh. Bus bandros juga dilengkapi dengan hand sanitizer sehingga penumpang yang hendak naik wajib membersihkan tangannya dengan hand sainitizer tersebut.

"Kru dari bus bandros mulai dari pengemudi hingga pemandu wisata juga menjalankan tugasnya dengan menerapkan standar kesehatan seperti menggunakan masker dan berjaga jarak," terang Abdal.

Baca Ini Juga Yuk: Dibuka Kembali, Tempat Wisata ini Terapkan Prosedur Kesehatan

Hanya Mengangkut 50 Persen Penumpang
Pembatasan kapasitas juga dilakukan dalam operasional bus bandros di tengah kenormalan baru. Kapasitas yang awalnya bisa diisi oleh 22 penumpang, kini hanya diisi oleh 11 penumpang saja. Selain itu, kita wajib mengenakan masker bila hendak berwisata menggunakan bandros.

Selain itu, Abdal menyebutkan respon masyarakat dengan beroperasi kembalinya bus bandros sangat positif. Menurutnya, para penumpang bus bandros nampak mematuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan bila ingin naik bandros.



Berlangsung Normal

Secara umum, operasional bus bandros masih menerapkan pola lama. Bila kamu hendak berwisata mengelilingi Kota Bandung dengan bus ini, kamu bisa datang langsung dan membeli tiket di halte Bandros seperti Halte Dalem Kaum, misalnya. Hanya saja, kamu harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, ya! Jam operasional bus bandros dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Catat, dan jangan sampai terlewat, ya!

TemanBaik, dalam era kenormalan baru ini kita harus pandai-pandai beradaptasi dengan hal baru yang dianggap normal. Salah satunya dengan cara mengikuti anjuran Pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan dan senantiasa menjaga diri dari hal-hal yang menyebabkan kita akan terinfeksi virus. Sehat selalu, ya!

Foto: Rayhadi Shadiq/beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler