Mengintip Koleksi "Surga" Keris Nusantara di Museum Ranggawarsita

Semarang - TemanBaik, tahu kan senjata keris yang begitu populer di Indonesia? Ya, senjata zaman dulu ini memiliki pecintanya tersendiri.

Sebab, keris tak hanya sekadar senjata. Keris memiliki nilai seni dan filosofis yang tinggi. Sehingga, tak heran museum hingga kolektor menganggap keris sebagai 'harta karun' berharga.

Salah satu tempat yang memiliki banyak kolesksi keris adalah Museum Ranggawarsita di Semarang, Jawa Tengah. Di sini, lebih dari 300 keris dikoleksi agar bisa disaksikan pengunjung.

Beberapa waktu lalu, koleksi di museum ini pun bertambah. Ade Yuliawan, kolektor barang antik, memberikan hibah berupa keris yang dibuat di zaman pemerintahan Mataram Islam yang dipimpin Sultan Agung pada abad ke-16.

Dengan hibah ini, total koleksi di Museum Ranggawarsita kini lebih dari 300 keris. Banyaknya keris yang dikoleksi di sini diharapkan jadi sarana edukasi bagi masyarakat.

"Selain sebagai wahana destinasi wisata, museum juga berperan sebagai sarana edukasi. Dengan hibah ini, harapannya masyarakat dapat memahami tentang benda warisan nenek moyang itu," kata Kepala Museum Ranggawarsita Asih Widiastuti.



Baca Ini Juga Yuk: Purwakarta Segera Punya Sentra Batik

Ade sendiri tidak hanya menghibahkan keris zaman Sultan Agung. Tujuh bilah senjata tradisional turut diserahkan. Benda pusaka itu ada yang berasal dari abad ke-12, 14, dan 17. Ada juga piring keramik yang diyakini dibuat pada masa Dinasti Ming.

Ada alasan besar yang membuat Ade menghibahkan barang-barang koleksinya. Sebab, barang-barang yang diserahkan, terutama keris, dibuat dengan teknik tinggi. Sehingga, keris itu mempunyai pamor atau gurat logam yang khas dan unik. Kekuatan keris itu juga terjaga dengan baik meski sudah berusia ratusan tahun.

"Saya ingin (keris) itu menjadi koleksi untuk dapat dipelajar, tidak hanya tersimpan di lemari milik saya," tutur Ade.

Hal itu juga berlaku untuk berbagai benda koleksi yang dihibahkannya. Selain itu, dengan ditempatkan di Museum Ranggawarsita, diharapkan benda-benda bersejarah itu bisa lebih terawat dan terjaga.

Sementara dengan adanya hibah tersebut, Museum Ranggawarsita kini memiliki lebih banyak koleksi. Total, ada lebih dari 58 ribu benda yang tersaji di sini.

Foto: dok. www.jatengprov.go.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler