Serunya Menjajal Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara

Sukabumi - TemanBaik, tahu enggak jika di Indonesia terdapat jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Berlokasi di Kabupaten Sukabumi, jembatan gantung ini diberi nama 'Situ Gunung Suspension Bridge'. Simak ulasannya, yuk!

Jembatan gantung sepanjang 243 meter tersebut terletak di atas kawasan konservasi Situ Gunung di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Sejak hadir sekitar 1,5 tahun lalu, jembatan itu kini jadi ikon wisata baru di Sukabumi.

Jembatan ini berkonstruksi kabel baja dengan lantai dari kayu ulin asli Papua seberat 80 ton. Kayu ulin ini dipilih karena memiliki ketahanan terhadap cuaca dan tak mudah dimakan rayap.

Konstruksi jembatan membentang pada ketinggian 161 meter. Sepintas, kehadiran jembatan ini seperti membelah lembah dan jurang yang ada di sekitarnya. Sehingga, berada di atas jembatan ini, kamu akan menikmati sensasi keindahan alam dari ketinggian.

Dilansir di laman Indonesia.go.id, jembatan ini bisa dikunjungi warga setiap hari dari pukul 07.30-17.30 WIB. Tiket masuk ke area ini adalah Rp50 ribu per orang dan Rp25 ribu khusus untuk anak di bawah usia 10 tahun.

Jika kamu tertarik mengunjungi lokasi, tentu ada hal yang harus disiapkan. Pertama adalah fisik. Sebab, begitu tiba di gerbang kawasan wisata ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 600 meter. Bagi yang tak terbiasa jalan kaki jauh, jarak segitu mungkin akan bikin ngos-ngosan.

Baca Ini Juga Yuk: Mengintip Koleksi "Surga" Keris Nusantara di Museum Ranggawarsita

Perjalanan itu masih ditambah lagi dengan suguhan utama berupa jembatan gantung sepanjang 243 meter. Namun, namanya berjalan di jembatan gantung dengan ketinggian 161 meter, tentu potensi terjadi guncangan sangat terbuka. Jadi, kamu yang takut ketinggian disarankan tidak menaikinya.

Meski begitu, jika masih bisa mengatasi rasa takut, kamu boleh tetap mencobanya kok. Apalagi, menaiki jembatan gantung ini juga aman. Sebab, pengunjung akan disematkan sabuk di pinggang sebagai alat standar keselamatan yang disediakan pengelola.

Dengan memakai sabuk ini, ketika terjadi guncangan saat berada di jembatan, kamu tinggal mengaitkan sabuk ke ramp yang terdapat di sisi jembatan. Dengan begitu, posisi kamu akan tetap seimbang di tengah guncangan, termasuk ketika berjalan.

Saat menaiki jembatan ini, di awal-awal tidak akan terasa guncangan. Sebab, guncangan baru akan terasa ketika kamu mencapai jarak sekitar 50 meter dari titik awal. Semakin ke tengah, guncangan akan menjadi lebih kuat. Karena itu, kamu disarankan berpegangan pada tepi jembatan, termasuk mengaitkan sabuk.

Namun, sensasi inilah yang ditawarkan dari jembatan gantung tersebut. Kamu akan bisa merasakan guncangan yang cukup kuat, terutama di bagian tengah jembatan. Di saat yang sama, kamu disuguhi keindahan alam hingga suara arus deras Sungai Cigunung yang ada di bawahnya.

Untuk membantu pengunjung jika mengalami kendala saat berada di jembatan, ada petugas yang siaga kok. Mereka akan dengan sigap memberi bantuan.

Tempat Wisata Lain
Jika kamu berkunjung ke lokasi, tak hanya 'Situ Gunung Suspension Bridge' yang bisa dinikmati. Sebab, ada beberapa obyek wisata lainnya di sana. Salah satunya adalah Curug Sawer.

Jembatan ini jadi penghubung untuk menuju ke curug atau air terjun tersebut. Namun, kamu harus menyiapkan fisik prima. Sebab, jarak menuju Curug Sawer dari ujung jembatan adalah sekitar 1 kilometer. Untuk menuju ke sana, kamu harus berjalan kaki.

Namun, rasa lelah yang dirasakan akan sebanding dengan keindahan pemandangan di sana. Kamu akan melihat cantiknya air terjun setinggi 35 meter yang berasal dari aliran Sungai Cigunung. Di sekitarnya terdapat bebatuan besar yang bisa jadi lokasi berswafoto dengna latar belakang air terjun.

Di lokasi ini juga ada Situ Gunung. Ini adalah sebuah danau alami seluas 120 hektare yang biasanya dijadikan tujuan utama pengunjung. Di sini juga terdapat area berkemah seluas 5 hektare. Untuk masuk ke sini, pengunjung cukup membayar tiket Rp32.500 per orang.

Obyek lain yang tak kalah menarik adalah adanya restoran De'Balcone yang berada di tepi lembah dengan pemandangan dari balkon berupa jembatan gantung, lembah hijau, dan tentunya Gunung Gede.

Tempat-tempat di atas tentunya jadi lokasi yang pas untuk menikmati akhir pekan. Namun, jangan lupa, jalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar, ya!

Foto: dok. Situ Gunung Suspension Bridge

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler