Intip Keindahan Sungai Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia

Kolaka - TemanBaik, jika sungai identik dengan aliran air dan rutenya yang panjang, maka tidak demikian dengan Sungai Tamborasi. Ya, sungai di Sulawesi ini masuk dalam daftar sungai terpendek di dunia.

Terletak di di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Sungai Tamborasi memiliki lebar 15 meter dengan aliran hanya sepanjang sekitar 20 meter, dari hulu hingga menuju hilir. Karena keunikan tersebut, sungai ini masuk ke dalam deretan sungai terpendek di dunia. Lebih pendek dari Sungai Kovasselva di Norwegia dan Sungai Reprua.

Lalu, bagaimana caranya untuk sampai ke sana? Kalau patokannya diukur dari Ibu kota Kabupaten, maka kamu perlu menempuh perjalanan darat sejauh 80 kilometer ke arah utara. Kamu bisa memilih jalan lintas provinsi beraspal mulus di ruas Ranteangin-Kolaka. Tetapi, kalau kamu berasal dari ibu kota provinsi di Kendari ke Sungai Tamborasi dapat ditempuh dengan perjalanan darat sejauh hampir 300 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu empat jam. Kawasan Sungai Tamborasi berada tepat menjelang jalan menanjak dan berbukit-bukit Ranteangin-Kolaka.

Saat hampir sampai ke tujuan, bakal ada penanda yang jelas berupa tulisan ‘Tamborasi Beach’ dengan latar biru laut Teluk Bone. Nantinya kamu akan bertemu dengan area parkir, dan tinggal berjalan 100 meter untuk menemukan gerbang masuk.

Oh ya, jangan lupa juga siapkan uang untuk membayar tiket masuk. Sebab pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp5 ribu serta tiket parkir Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat dan Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua.

Setelah sampai di gerbang masuk, perjuanganmu tinggal 200 meter lagi untuk sampai ke sungai ini. Setelah melewati 200 meter terakhir perjuangan, bakal ada delapan anak tangga yang menyambut kita menuju hulu sungai berair hijau toska jernih.

Senja dan akhir pekan menjadi dua ciri dari tempat ini. Ya, tempat ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan. Dan sebagian besar pengunjung yang datang tidak lain juga untuk menunggu waktu matahari terbenam di Sungai Tamborasi. Apabila kamu juga berniat berburu senja ke tempat ini, jangan takut kemalaman, sebab di sekitar sungai ada banyak penginapan atau pondokan yang dikelola oleh warga setempat.

Karena berada di kawasan perbukitan dengan pepohonan rimbun di kaki Gunung Mekongga, setinggi 2.620 meter dari permukaan laut, di sana, kita juga dapat menjumpai kera-kera liar turun dari rimbunan pepohonan perbukitan mencari makan ke obyek wisata andalan Kolaka ini.

Oh ya, kita juga bisa berenang di sana karena pengelola menyewakan ban yang diikat dengan tali. Kalau hanya ingin bersantai sejenak, kita juga tinggal duduk-duduk dan berfoto di sejumlah gazebo yang telah dibangun pengelola.

Sebagai informasi pula, Sungai Tamborasi berada di bawah naungan Dinas Pariwisata Kolaka sebagai obyek wisata. Ini berlaku sejak akhir 2018 silam. Sungai Tamborasi adalah obyek wisata unggulan di Kolaka dan menjadi salah satu nominasi destinasi unik pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

TemanBaik, bicara destinasi wisata, Indonesia enggak bakal pernah ada habisnya. Maka dari itu, kalau ada kesempatan, jangan ragu untuk berkelana ya. Namun, jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan seandainya kamu ingin berkelana di masa pandemi. Semoga sehat selalu!



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler