Telaga Madirda, Tempat Menyegarkan Mata & Pikiran di Karanganyar

Karanganyar - TemanBaik, jika kamu sedang berkunjung ke Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, ada tempat indah yang direkomendasikan untuk dikunjungi, nih! Namanya Telaga Madirda yang terletak di Desa Berjo, Kecamaran Ngargoyoso.

Telaga Mardira ini merupakan tempat wisata alam baru yang dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Salah satu keunikan di sini adalah banyaknya sumber mata air di tempat berketinggian 1.050 di atas permukaan laut tersebut. Total, ada enam mata air besar di tempat.

Tempat ini viral sejak beberapa bulan lalu. Sebab, di sana sempat dijadikan tempat karantina pasien COVID-19. Ya, bisa dibilang tempat ini adalah tempat karantina dengan pemandangan yang sangat indah.

"Telaga Madirda ini kemarin viral untuk isolasi mandiri di Kabupaten Karanganyar, yang ada tendanya. Tempat ini bagus sekali, maka kami minta ini dikelola, makin hari manajemen makin baik. Caranya, kami minta pengelola bisa berkomunikasi dengan perguruan tinggi. Umpama UNS, bisa bantu lanskapnya, bisa membantu wahana-wahana, ini keren banget," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di laman Pemprov Jawa Tengah.




Untuk makin mempercantik suasana di lokasi, Ganjar bersama warga sekitar pun melakukan penanaman pohon di lokasi. Harapannya, ke depan suasana di sekitar menjadi semakin asri. Selain itu, hadirnya aneka pohon di sana juga diharapkan membuat sumber mata air yang ada tetap lestari.

"Kalau hari ini kita mau menanam dan mengonservasi hutan, semua mau menanam, maka mata air ini bisa abadi selamanya," ungkapnya.

Kepala Desa Berjo Suyitno berharap semakin banyak warga yang peduli terhadap kelestarian alam sekitar. Sehingga, Telaga Madirda akan tetap menjadi 'gentong' alias tempat penampungan air yang akan bermanfaat di Karanganyar.

"Kawasan ini masih membutuhkan pemikiran dan perhatian bersama, baik pemerintah maupun teman-teman yang ada di Kabupaten Karangnyar," ucapnya.

"Apalagi, di wilayah ini adalah 'gentongnya' Karanganyar. Sehingga penanaman ini sangat kami prioritaskan. Begitu juga dengan merawatnya," tutur Suyitno.

Telaga Madirda sendiri memiliki luas area hingga 3,5 hektare. Selain itu, ada 3 hektare lain di sekitarnya yang difokuskan menjadi kawasan konservasi alam dan fasilitas pendukung Telaga Madirda.

Namun, saat ini Telaga Madirda sudah cukup indah kok, TemanBaik. Di sana ada cukup banyak tempat ikonik. Yang paling menarik, tentu tempat ini bisa jadi tempatmu melepas penat di tengah suasana alam yang asri.

Foto: dok. Humas Jawa Tengah
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler