Museum di Bandung Sudah Buka Kembali, Cek Syarat Masuknya Yuk!

Bandung - TemanBaik, ada yang sudah kangen mengunjungi museum yang ditutup sejak awal pandemi pada 2020 lalu? Tenang, di Bandung kamu sudah bisa mengunjungi museum sejak awal November lalu.

Namun, sebelum berwisata ke museum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak ulasannya dulu, yuk!

Kembali dibukanya museum dan boleh dikunjungi publik didasarkan pada diterbitkannya Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 103 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level II Corona Virus Disease 2019 di Kota Bandung.

Dalam Pasal 16 yang mengatur tentang Pelaksanaan PPKM Level II di Lokasi Wisata dan Jasa Usaha Pariwisata Hiburan, disebutkan sejumlah aturan yang harus ditaati pengelola maupun pengunjung. Untuk masuk ke museum atau tempat wisata, pengunjung wajib sudah divaksinasi yang dibuktikan melalui aplikasi Peduli Lindungi.

Secara umum, waktu operasional museum adalah 10.00-18.00 WIB. Disebutkan juga dalam aturan itu, pengunjung museum dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan. Durasi kamu berada di lokasi pun dibatasi, maksimal hanya dua jam.

Bagaimana jika ingin membawa si kecil? Bisa kok, pengunjung berusia di bawah 12 tahun boleh memasuki museum. Syaratnya asalkan didampingi orang tua.

Baca Ini Juga Yuk: Museum Geologi, Laboratorium Geologi Warisan Belanda

Di Kota Bandung sendiri ada beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Museum Geologi di Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Di sini, kamu bisa melihat aneka koleksi museum, mulai dari batuan mineral, fosil binatang purba, hingga replika dinosaurus.

Untuk bisa masuk ke sini dan melihat aneka koleksinya, ada sejumlah syarat yang wajib ditaati. Pertama, tentu pengunjung harus dalam keadaan sehat dan sudah divaksinasi COVID-19. Ini juga berlaku bagi pengelolanya, loh.

"Kita di pelayanan museum juga harus fit untuk memberi kualitas kunjungan ke masyarakat," kata Humas dan Pelayanan Publik Museum Geologi Danang P. Hadiputra.

Kamu juga disarankan melakukan reservasi atau pemesanan lebih dulu melalui nomor telepon 022-7213822 pada pukul 10.00-14.00 WIB. Untuk pembayaran tiketnya, dilakukan tunai di lokasi. Nantinya pengunjung akan diberi gelang untuk akses masuk.

Bagaimana untuk anak di bawah 12 tahun? Sesuai aturan dalam perwal, boleh kok anak di bawah 12 tahun masuk, asalkan bersama orang tua atau pendampingnya.

Museum Geologi pun membatasi jumlah pengunjung yang hanya 300 orang per hari. Jadi, jika saat reservasi kuota sudah habis, sabar ya untuk mengganti hari kunjungan.

"Kita tidka melebihi kuota itu (300 orang per hari) karena menjaga kualitas pelayanan. Kita menjaga juga karena pandemi masih tetap jalan. Jadi kita batasi 300 orang" jelasnya.

Jumlah 300 pengunjung ini mungkin terkesan banyak. Tapi, tenang, enggak akan berkerumun kok. Sebab, pengelola akan mengaturnya. Pengunjung akan 'disebar' ke setiap ruangan di lokasi agar tidak terjadi kepadatan demi tetap menjaga jarak. Satu ruangan hanya bisa diisi maksimal 25 orang.

Untuk waktu kunjungannya, pengelola juga akan mengaturnya kapan kamu boleh masuk dan meninggalkan ruangan. Jadi, ikuti instruksi pengelola atau petugas di lokasi, ya. Namun, secara umum, museum ini terbuka bagi pengunjung pada pukul 10.00-13.00 WIB.

Terakhir, jangan sampai salah hari jika ingin berkunjung ke lokasi. Museum Geologi buka setiap lima hari dalam sepekan, yaitu minggu, selasa, rabu, kamis, dan sabtu. Khusus jumat dan senin Museum Geologi tutup untuk melakukan perawatan koleksi.

Namun, setiap senin, ada virtual tour yang sudah rutin digelar sejak tahun lalu. Nah, untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengintip akun Instagram Museum Geologi, yaitu @geomuzee. Jangan lupa, tetap jalankan protokol kesehatan ya TemanBaik jika ke Museum Geologi atau museum lainnya!

Baca Ini Juga Yuk: Cukup dengan Rp 5 Ribu, Kamu Bisa Tahu 'Jeroan' Gedung Sate

Selain Museum Geologi, ada museum lain di bandung yang tak kalah menarik, yaitu Museum Gedung Sate. Lokasinya di area Gedung Sate. Di dalamnya menampilkan beragam koleksi menarik seputar Gedung Sate dan benda bersejarah lainnya.

Selain mengunjungi museum, kamu tentu bisa menyaksikan keindahan dan megahnya Gedung Sate yang legendaris dan ikonik banget. Apalagi, di sana juga ada kedai kopi hingga tempat jajan di area kantin yang murah meriah.

Namun, sabar dulu ya, Museum Gedung Sate belum dibuka untuk umum. Sejauh ini, museum ini hanya bisa dikunjungi tamu tertentu saja. Targetnya, dalam beberapa waktu ke depan Museum Gedung Sate bakal kembali dibuka untuk pengunjung.

"Untuk Museum Gedung Sate masih belum dibuka untuk umum. Kita masih persiapan untuk pembukaan kembali. Untuk informasi terbarunya akan kami infokan di media sosial kami (Instagram @museumgedungsate)," jelas Tim Kreatif Museum Gedung Sate Puti Levana Marsha.


Foto: Djuli Pamungkas/Beritabaik.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler