bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Indonesia Membangun
Infrastruktur jalan tol yang sedang digeber Kementerian PUPR. Pada 2024 nanti, diproyeksikan 3531 kilometer jalan tol hadir di Indonesia sejak 1978.

Akselerasi, Kementerian PUPR Targetkan 3531 Kilometer Jalan Tol di 2024

BERITABAIK.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek jalan tol dalam rangka peningkatan konektivitas. Tercatat sepanjang tahun 2022 telah dioperasikan sebanyak 10 ruas jalan tol dengan total panjang sekitar 142 km. 

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya.

Sebagai informasi, 10 ruas tol yang beroperasi sepanjang 2022 yakni Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,4 km yang dioperasikan pada Januari 2022.

Beroperasinya ruas Tol Seksi Cileunyi - Pamulihan telah dirasakan masyarakat, khususnya warga Bandung yang hendak menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Dari Cileunyi – Pamulihan atau sebaliknya yang biasa membutuhkan sekitar 60 menit via Jalan Raya Bandung – Cirebon menjadi sekitar 15 menit.

Baca Juga: Keren! Mahasiswa UGM Jadi Relawan di Britania Raya

Pada Februari 2022, telah dioperasikan 2 ruas jalan tol yakni Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 Binjai – Stabat sepanjang 11,8 km dan Jalan Tol Manado -  Bitung ruas Danowudu – Bitung sepanjang 13,425 km.

Ruas Tol Binjai Stabat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menguhubungkan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Sementara ruas Tol Danowudu – Bitung akan meningkatkan konektivitas di Sulawesi Utara, khususnya mempermudah mobilitas barang dan orang dari Manado ke Bitung, termasuk dari Manado menuju Pelabuhan Internasional Bitung dan Likupang. 

Selanjutnya pada Maret 2022 telah dioperasikan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum – Jantho sepanjang 6,35 km. Ruas tol ini merupakan salah satu backbone (ruas utama) Jalan Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh

Baca Juga: Ijay Irawan Sajikan Pro Kontra Covid dalam Single ‘19±’

Pada Juli 2022 telah beroperasi Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 2 dan 3 Telaga Asih – Tambelang - Tarumajaya sepanjang 24,45 km. Kehadiran Tol Cibitung-Cilincing diharapkan dapat mempercepat mobilitas barang yang berasal dari kawasan industri dan kawasan logistik yang tersebar di Karawang dan Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara. 

Jalan tol yang telah beroperasi lainnya adalah Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu Seksi 3 Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 16,725 km pada Agustus 2022.

Nantinya, jika seluruh ruas Tol Lubuk Linggau - Curup – Bengkulu sepanjang 95,8 km tersambung, akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baai, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan ekonomi daerah dan konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. 

Selanjutnya pada September 2022, telah dioperasikan sebanyak 3 ruas tol yakni Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1A Serpong – CBD sepanjang 3,97 km, Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 30,89 km, dan Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu Cipinang- Casablanca dan Koneksi Tol Wiyoto Wiyono Sisi Timur 2 km. 

Baca Juga: Persib Kontra Persija, Yuk Sama-sama Jaga Ketertiban!

Terakhir pada Desember 2022 dioperasikan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Seksi 2 dan 3 Pamulihan - Sumedang - Cimalaka sepanjang 21,1 km. Pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 merupakan lanjutan Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan yang telah beroperasi sejak Januari 2022. Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 juga telah manfaatkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.   

Selanjutnya pada tahun 2023 ditargetkan sepanjang 488,1 km jalan tol beroperasi dan tahun 2024 sepanjang 419,99 Km km, sehingga total panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1978 hingga tahun 2024 yakni sepanjang 3531,5 km. **

Editor : Marshal Deru Bumi

9 Cara Menghilangkan Bau Mulut, Paling Efektif untuk Pekerja Kantoran

Ridwan Kamil Bantu Pengobatan Anak Penderita Kelumpuhan