bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita
(Dok. Virtual SEA)

Game Buatan Indonesia Dominasi Platform Steam, Terbanyak di Asia Tenggara!

BERITABAIK.ID - Perkembangan industri game di Indonesia tengah naik daun. Ini terbukti setelah Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara sebagai negara yang paling banyak merilis game di platform Steam, mengungguli Thailand dan Singapura.

Platform Steam garapan Valve tersebut merupakan situs yang kerap kali jadi andalan para penggemar game PC untuk membeli game digital. Kepopuleran Steam ternyata menarik para developer game indie lokal untuk berkreasi banyak dalam mengembangkan game karya sendiri.

Berita tersebut dikabarkan oleh Virtual SEA dalam unggahannya di media sosial X (@virtualSEAsia) pada Sabtu, 6 Januari lalu.

"Berikut adalah game Asia Tenggara di Steam per Januari 2024! Indonesia masih di posisi terdepan" tulis pihak Virtual SEA.

Diketahui, Virtual SEA adalah salah satu kurator ternama Steam yang berfokus untuk mengulas dan memberitakan game-game di Asia Tenggara.

Menurut data yang diambil hingga awal Januari 2024 tersebut, Indonesia menjadi negara dengan jumlah perilisan game terbanyak di Asia Tenggara. Indonesia telah menyumbangkan 256 game, lebih banyak daripada Thailand dan Singapura yang sama-sama getol merilis game.

Thailand sendiri duduk di posisi kedua dengan jumlah game sebanyak 158, kemudian disusul oleh Singapura sebanyak 134 game.

Beberapa tahun terakhir Indonesia memang diramaikan dengan maraknya developer game Indie. Tidak hanya ramai jadi perbincangan masyarakat lokal, namun game Indonesia juga sudah banyak dilirik masyarakat internasional.

Sebut saja ‘DreadOut’ dari Digital Happiness, game survival dengan tema horor yang sempat hangat diperbincangkan para penikmat game di seluruh dunia. ‘DreadOut’ mendapatkan film adaptasinya pada 2019 dan sudah merilis sekuel gamenya di 2020 lalu.

Kemudian ada pula ‘A Space for the Unbound’ yang meraih penghargaan Best Story Telling pada ajang Level Up KL 2023. Game ini juga sempat masuk ke dalam nominasi di The Game Award 2023, meskipun belum berhasil meraih penghargaan.

‘A Space for The Unbound’ sendiri mendapat respon Overwhelmingly Positive di Steam. Respon ini hanya bisa didapatkan setelah game yang dimaksud mendapatkan 95% atau lebih tanggapan positif dari minimal 500 ulasan di platform tersebut.

Pada Level Up KL 2023 pula, game ‘Unplug’ memenangkan kategori Audience Choice Award. Termasuk game ‘Rendezvous’ yang bawa pulang dua penghargaan sekaligus, yakni Grand Jury Award dan Best Visual Art.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Film Dr. Samsi Tahun 1952 Direstorasi, Karya Sutradara Perempuan Pertama Indonesia

Bey Sebut Koordinasi Jadi Kunci Utama Pemilu 2024 Berlangsung Damai