bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

H2OFarms Raih Penghargaan Muri atas String Garden Terbesar di Indonesia

BERITABAIK.ID - H2OFarms (Hand in Hand With Parongpong Farmers) mendapatkan penghargaan dari MURI atas pembuatan String Garden terbesar di Indonesia.

String Garden ini merupakan simbol keanekaragaman tumbuhan yang ditanam di Bumi Upi "Rumah Tamah", Garut.

Terletak di lobi pintu masuk, String Garden ini digunakan sebagai simbol kesatuan keanekaragaman tumbuhan di alam sebagai ekosistem makhluk hidup sebagai lambang dari Ibu Bumi.

Terdapat enam jenis tanaman berbeda yang ditata dalam String Garden berukuran diameter 90 cm dengan tinggi 2 meter dan bawah 1,5 meter. Tanaman tersebut yaitu huperzia, pakis, buxus, anggrek, hoya, dan lumut sebagai media tanaman.

H2OFarms ini sendiri merupakan program pemberdayaan masyarakat bersama petani yang diinisiasi oleh Benjamin, Martines (Ben) yang dimulai pada masa pandemi di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Berawal dari tetangga sekitar tempat tinggalnya, kemudian meluas kerjasamanya dengan petani di desa Kecamatan Parongpong. Kini sudah kebih dari 40 petani yang telah bekerja sama.

“Gotong Royong” bersama para petani menciptakan konsep lanskap dan membangun hunian, ruang publik yang berlokasi di Bandung, Jakarta, Garut dan Makasar.

H2OFarms juga menyelenggarakan berbagai workshop untuk berbagi tentang pentingnya tanaman dalam kehidupan sehari-hari dan memenuhi kebutuhan tanaman untuk dalam dan luar negeri.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Kenalkan Dunia Profesi pada Mahasiswa, 161 Mitra Bergabung di UI CISE Expo

Caravanserai Iftar Festive Buffet Pullman Bandung, Sebuah Perjalanan Kuliner di Bulan Suci Ramadan