bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

MaMart: Rangkaian Acara Langkah Cahaya 8.0, Kolaborasi Mataharikecil dengan Ruang Eskalasi untuk Berbagi Aksi dengan Arti

BERITABAIK.ID - Bulan Ramadan tentu identik sebagai bulan untuk mencari keberkahan sebanyak-banyaknya. Hal inilah yang dilakukan oleh Mataharikecil dan Ruang Eskalasi pada Bulan Ramadhan tahun ini.

Melalui program Langkah Cahaya yang sudah dilakukan hingga volume ke delapan ini, Mataharikecil dan Ruang Eskalasi mengadakan acara puncak berupa kegiatan Itikaf yang dilaksanakan pada 10 hari terakhir Bulan Ramadhan. Tahun ini, Itikaf akan dilakukan pada hari Sabtu, 6 April 2024.

Tak hanya itikaf, ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan sebelum sampai ke acara puncak. Matahari Mart atau Ma-mart yang diadakan di Rumah Pejuang Kanker Ambu (RPKA) pada Sabtu, 30 Maret 2024 merupakan salah satunya. Kegiatan ini membuka donasi kepada publik berupa barang bekas layak pakai seperti pakaian, perkakas, alat tulis, mainan, dan barang-barang lainnya untuk disumbangkan kepada teman-teman pejuang kanker dan keluarga yang membutuhkan. Setelah terkumpul, barang-barang tersebut didonasikan dengan sistem bazaar gratis untuk dapat dipilih sepuasnya. Selain itu, disela bazzar terdapat acara fashion show sebagai hiburan yang diramaikan oleh keluarga pasien pejuang kanker dan para volunteer yang terlibat.

Founder Ruang Eskalasi, Dita, menyebutkan bahwa Ramadan tahun ini merupakan kali pertama mereka berkolaborasi dengan Mataharikecil. Ia juga mengatakan, kunjungan ke RPKA dengan kegiatan yang menyenangkan ini diharapkan bisa dikenang oleh para pasien dan keluarganya yang ada di sana.

"Kita pengen bikin acara yang seru, menarik, dan dapat dikenang oleh mereka. Jadi nggak cuma kunjungan dan berbagi aja," kata Dita.

Penanggung Jawab acara Langkah Cahaya dari pihak Mataharikecil, Fauziah Amin menceritakan latar belakang mengapa acara Ma-Mart ini dibuat. Fauziah meyakini bahwa perilaku konsumtif masyarakat bisa diwadahi oleh Ma-mart untuk disalurkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

"Ma-mart itu semacam open preloved market. Banyak dari kita yang seringkali terlalu konsumtif dalam berbelanja, akhirnya barang-barang tersebut hanya akan menumpuk di rumah. Terkadang, kita lupa, di luar sana banyak orang yang lebih membutuhkan barang-barang tersebut. Maka dari itu, kita adakan Ma-mart ini. Mataharikecil sebagai pihak yang menyalurkan barang kepada teman-teman yang lebih membutuhkan”.

Ia berharap langkah-langkah kecil yang dilakukan dalam acara Langkah Cahaya 8.0 ini dapat memberikan keberkahan untuk semua pihak yang terlibat. "Harapan untuk Langkah Cahaya tahun ini, semoga langkah-langkah kita yang kita pijakkan menjadi berkah untuk semua, dan kita mendapatkan cahaya Ramadan itu" tutupnya.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

  • Tags

Wisata Minat Khusus: Welora, The Forgotten Island di Ujung Maluku Barat Daya

Peringati Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Usung Tema Pentingnya Inklusivitas yang Lebih Baik