bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
berita

Model Asal Bandung Raihan Fahrizal Ramaikan Panggung Louis Vuitton di Paris Fashion Week

BERITABAIK.ID - Model Indonesia Raihan Fahrizal menjadi model pertama yang melenggang di pekan mode Paris Fashion Week 2024. Pria kelahiran Bandung tersebut menampilkan koleksi untuk dua label fesyen ternama, yakni Louis Vuitton dan Solid Homme pada 16 dan 17 Januari.

Paris Fashion Week 2024 sendiri telah usai digelar pada 16–21 Januari 2024 di Paris, Prancis.

Pada runway Louis Vuitton, Raihan membawakan koleksi Men’s Fall-Winter 2024 rancangan Pharrel Williams, Direktur Kreatif Louis Vuitton.

Raihan tampil dengan setelan jas berwarna merah bata dan celana loose yang dipadukan dengan kemeja putih. Ia tampak memukau dengan sentuhan leather boots bermotif kulit ular dan tas hitam yang dijinjing sepanjang runway.

Sebelum muncul di Paris Fashion Week 2024, Raihan sudah sering tampil di pekan mode internasional dan menjadi model untuk brand kelas atas. Tahun lalu, Raihan juga melenggang di Paris Fashion Week 2023.

Tahun ini, sebelum berjalan di Paris Fashion Week 2024, ia sudah lebih dulu eksis di Milano Fashion Week pada 12 Januari lalu. Dia hadir untuk memamerkan koleksi dari Stone Island, rumah mode asal Italia.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno turut mengapresiasi Raihan Fahrizal yang menjadi model Indonesia pertama di Paris Fashion Week tahun ini dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dilangsungkan secara hybrid, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (22/01/2024).

“Ini adalah kabar yang sangat membanggakan dan keren banget. Keberhasilan Raihan ini tentu menjadi pemantik bagi industri fesyen tanah air untuk menciptakan ekosistem fesyen yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap semakin banyak model dan karya desainer Indonesia yang ditampilkan di Paris Fashion Week.

Selain itu, Sandiaga juga berharap industri fesyen tanah air semakin berkembang agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Industri fesyen Indonesia diharapkan memiliki daya saing yang kuat sehingga mampu bersaing dengan brand internasional.

Hal ini juga berlaku untuk fesyen Muslim Indonesia. Dimana Presiden Jokowi menginginkan Indonesia menjadi pusat fesyen Muslim dunia.

“Untuk itu, kita harus lebih mengoptimalisasikan subsektor fesyen ini dengan pelatihan, pemasaran, dan permodalan. Karena ini pesan dari Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia," kata Sandiaga.

Bukan Model Indonesia Satu-satunya

Ternyata, Raihan Fahrizal ternyata bukan satu-satunya model kebanggaan Indonesia yang mencatatkan portofolio di pekan mode bergengsi. Ada juga nama model seperti Rizal Rama, yang tahun ini juga berjalan runway Paris Fashion Week, dan Nafa Salvana.

Mengutip dari Liputan 6, Rizal debut di panggung pertunjukan mode internasional pada 2022. Tidak hanya Paris Fashion Week, ia juga sudah bekerja sama dengan sejumlah jenama fesyen beken untuk show di Milan Fashion Week dan London Fashion Week.

Sementara itu, Nafa Salvana membawa cerita sedikit berbeda karena ia menjadi model secara tidak sengaja, ia dikenal sebagai "model yang ditemukan di warung pecel lele".

Diceritakan bahwa Nafa sebenarnya tidak memiliki basic di bidang modeling. Namun, ia punya keinginan untuk jadi seorang model karena postur tubuhnya yang mendukung dan kulitnya yang eksotis.

Berawal dari pertemuan Nafa dengan agensi Who Knows Models di salah satu warung pecel lele di Kota Bandung pada November 2021, Nafa ditawari jadi model di luar negeri untuk kemudian debut di panggung Milan Fashion Week 2022.

Editor : Nadiana Tsamratul Fuadah

Uniqlo Gandeng Maudy Ayunda Jadi Brand Advocate Pertama di Indonesia

Bey Machmudin Dampingi Menteri ATR Bagikan Sertifikat Tanah "Door to Door" di Tasikmalaya