Peserta Jambore Banjarnegara Diajak Berwirausaha

Banjarnegara - Banjarnegara – Kunjungan industri menjadi ajang tidak terpisahkan dari pelaksanaan Jambore Cabang (Jamcab) SD/MI Ke-7 Kwartir Cabang Banjarnegara Tahun 2019. Maka sudah barang tentu kesempatan untuk mempromosikan potensi daerah  tersebut, tidak dilewatkan oleh tuan rumah. Melalui kunjungan industri rumahan, ratusan peserta Jamcab Ke-7 diajak menengok proses pembuatan manisan carica di industri rumahan Carica Al Jabal yang berlokasi di Desa Batur, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara (1/10/19).

Fatmah Alfaizah Koordinator Panitia Bidang Kunjungan Industri Rumahan mengatakan, kunjungan industri tersebut sebagai bentuk motivasi kepada peserta Jamcab SD/MI Ke-7 supaya dapat memahami pentingnya makanan sehat sekaligus memberikan wawasan  supaya kelak mampu berdikari sebagai pelaku usaha.

"Lewat kunjungan industri rumahan ini, adik-adik kami beri pemahaman dan motivasi. Pertama makanan sehat itu penting, di sini menarik karena proses pembuatan manisan caricanya menggunakan bahan alami artinya tanpa pengawet dan tanpa adanya tambahan zat kimia. Kedua kunjungan ini tentu dilakukan untuk menanamkan sifat berdikari, atau supaya di masa mendatang  mereka dapat mencari peluang baru melalui sektor usaha," ujarnya ditemui di sela-sela kegiatan.

Arka yang merupakan salah satu peserta Jamcab SD/MI Ke-7 mengaku, kunjungan industri rumahan pengolahan manisan carica tersebut merupakan pengalaman yang menarik untuknya. “Senang kak, bisa tau langsung proses pembuatan manisan carica, pernah makan manisan caricanya, tapi baru pernah lihat secara langsung proses pembuatan carica. Teman-teman juga pada antusias tadi sewaktu diminta untuk praktik menutup wadah pakai sealer," ujarnya yang mewakili kontingen Kwartir Ranting Madukara.


Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler