Hunting Sepatu kulit? Produksi Garut yang Mendunia Ini Keren Loh

Bandung - Tampil fashionable bukan monopoli bagi kaum hawa saja. Cowok juga wajib berdandan keren baik saat santai maupun formal. Sebagai penunjang kesempurnaan, mereka bisa memilih sepatu  kulit sapi lokal besutan perajin asal Jawa Barat.

Salahsatunya brand Paul Solemates. Untuk memperkuat daya saingnya dengan produk luar, sang pemilik Irpan Pirmansyah menginovasi konsep sepatu kulitnya menjadi lebih fresh dan kekinian. Ia juga membidik pasar anak muda, agar mereka lebih menggandrungi produk sepatu dalam negeri.

Lewat publikasi instagram, line, facebook serta twitter, sepatu kulitnya mulai tersohor di kalangan muda. Meski demikian ia tetap mempertahankan workshop dan galerinya di kawasan Ahmad Yani, Garut.

"Sejauh ini masih memproduksi sepatu kulit sapi lokal, yang banderolnya menengah. Tapi kami tetap menggunakan bahan kualitas nomor satu, baik dari sisi pengolahannya mau pun ketahanannya," ujar CEO & Founder Paul Solemates, Irpan Pirmansyah.

Uniknya, sepatu kulit yang diproduksi sejak 2013 ini bertema universal. Mereka tak lagi berbicara konsep spesifik, tidak mengkhususkan diri pada satu jenis sepatu termasuk permainan bahan kulit yang digunakan. Tren sepatu lokal bergenre independen ini yang kini tengah digandrungi banyak kalangan.

Sebut saja pantofel, boots, oxford, moccasin, wedges dan masih banyak lagi bisa dijumpai di Paul Solemates. Asyiknya lagi, Irpan pun menyediakan nomor hingga 47, karena sepatu miliknya banyak disukai cowok bule di daratan Australia.

Baca Juga: Bergaya dengan Tas Totte Bikinan Brand Lokal Bandung

Demikian juga dari sisi sol, sepatu pergaya perlente ini menggunakan poly rubber yang ramah lingkungan. Ia menjelaskan, dari sisi ketahanan, jenis ini tak kalah mumpuni, lebih empuk, antiselip dan lebih cocok dikenakan anak muda. Kenyamanan yang ditawarkan Paul pun semakin kompak saat dipadukan dengan lapisan dalam double suede yang hangat dan menghindari bau tak sedap saat kaki berkeringat.

"Prinsipnya sepatu kulit itu harus enak dan pas  segala suasana. Desainnya juga harus mewakilkan tren segala zaman. Desain abadi yang saat inilah yang saat ini disukai pelanggan," terangnya.

Ada beberapa jenis bahan kulit sapi yang digunakan paul, diantaranya crazy horse, pull up, serta suede. Tak hanya mengandalkan kulit sapi asal Garut, Irpan juga mengambilnya dari beberapa daerah seperti Malang, Cianjur dan Cirebon.  

Produk asli anak bangsa ini, dijual mulai dari kisaran Rp 300.000-500.000 per pasang. Sementara untuk edisi Paul Essensial dengan bahan premium dipatok antara Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000.


Foto: dok.Paul Solemates


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler