'Battle of Surabaya' Menang di Amsterdam Filmmaker Festival

Bandung - Karya anak bangsa lagi lagi menuai berprestasi di ajang internasional. Film 'Battle of Surabaya berhasil memenangkan kategori 'Best Animation of Animated Sequence' di Amsterdam International Filmmaker Festival yang berlangsung pada 11-18 Agustus lalu di Amsterdam, Belanda.

Film karya Mohammad Suyanto, Hery Soelistio, dan Adi Djayusman yang diproduksi pada tahun 2015 ini berhasil masuk dalam tiga, yaitu 'Best Sound', 'Best Film', dan 'Best Animation'.

'Battle of Surabaya' merupakan film animasi 2D besutan MSV Pictures yang menghadirkan drama dan aksi. Film ini menampilkan tokoh dan cerita fiktif yang berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada waktu perang Surabaya tahun 1945.

'Battle of Surabaya' berkisah tentang petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran maha dahsyat, 10 november 1945.

Film ini mengisahkan pengalaman Musa yang berkenalan dengan Yumna, seorang Jepang. Yumna akhirnya mengetahui peran penting Musa dalam perang melawan Jepang, dan harus menentukan sikapnya.

Baca juga: Nonton Film-film Tanah Air Bertema Perjuangan Kemerdekaan Yuk!

Piala untuk pemenang film animasi INI diterima oleh Wakil Kepala Perwakilan RI Den Haag, Fikry Cassidy, mewakili rumah produksi MSV Pictures yang berhalangan untuk hadir. Dalam komentar singkatnya, Fikry menyampaikan salam dan terima kasih dari Sutradara Aryanto Yuniawan kepada semua pihak yang mendukung pembuatan film tersebut dan pihak Amsterdam Filmmaker Festival atas penghargaan tersebut.

Pesan yang disampaikan lewat film ini diharapkan dapat menjangkau dan menyentuh penonton di berbagai belahan dunia dan membawa perdamaian. Selain itu,

Kedutaan Besar Den Haag juga berharap agar kemenangan ini bisa menjadi pemicu bagi para sineas Indonesia untuk terus berkarya dan meningkatkan kualitas karya-karya mereka di masa datang.

Dengan kemenangan di Amsterdam tahun ini, film ‘Battle of Surabaya’ telah berhasil menggondol 24 penghargaan internasional dari berbagai festival film internasional, di antaranya Hollywood International Moving Pictures Film Festival 2018, The Golden Nike Awards Film Festival 2018–London, European Cinematography Award 2018–Warsawa, dan Alternative Film Festival 2018–Toronto, Canada.

Atas pencapaiannya ini, 'Battle of Surabaya' berhasil mengalahkan nominasi lainnya, yakni 'After Meteor’s Trail', 'The Visiting Tank', dan 'This Means War' yang juga bersaing untuk memperebutkan predikat terbaik.



Foto: KBRI Den Haag


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler