Jelajahi Dunia Film Lebih Dalam di JAFF 2018

Yogyakarta - Memasuki tahun ke-13 nya, festival film internasional terbesar di Indonesia, Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 resmi dibuka. Pembukaan ini ditandai dengan pemutaran film 'The Man From The Sea' karya Ismail Basbeth seusai upacara pembukaan yang berlangsung di Jogja National Museum pada Selasa, (27/11/2018).

Tahun ini, JAFF menghadirkan 138 film dari 27 negara di Asia Pasifik yang bisa disaksikan di tiga tempat yaitu Jogja National Museum, Cinemax, dan Empire XXI. TemanBaik tidak hanya bisa menyaksikan pemutaran film saja, tapi bisa mengikuti beragam program andalan, seperti Asian Feature, Light of Asia, Asian Perspective, hingga JAFF Indonesian Screen Awards.

Selain itu, ada juga program spesial lainnya, yaitu Art for Children, Public Lecture, Forum komunitas dan JAFF Education. Kali ini festival yang berlangsung selama 8 hari mulai 27 November sampai 4 Desember ini mengusung tema Disruption, yang menggunakan film sebagai usaha untuk melakukan sesuatu terhadap perubahan yang melanda Asia, yang meliputi bencana alam, masalah politik, kemanusiaan, hingga perubahan teknologi.

Baca Ini Juga Yuk: Japanese Fim Festival 2018 Hadir di Empat Kota di Indonesia

Bisa Jadi Destinasi Wisatawan
Bisa menggelar festival selama 13 kali tentu bukanlah hal yang mudah. Sebagai salah satu festival film kelas internasional, JAFF juga diharapkan bisa lebih eksis sampai ke negara lainnya.

I Gusti Ngurah Putra, perwakilan dari Kemenpar mengatakan bahwa festival film ini sudah mendapat pengakuan sejak pertama kali diselenggarakan.

"Insya Allah kedepannya festival ini akan semakin besar dan bisa mengundang lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Yogyakarta," paparnya.

Sementara itu, Direktur Festival Ifa Isfansyah mengungkapkan bahwa festival ini bisa bertahan tentu bukan tanpa alasan, tapi adanya dukungan dari banyak pihak.

"Tahun ini ada lebih dari 1700 orang yang mendaftar jadi volunteer, diluar dugaan karena jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu," tuturnya.

Ifa Isfansyah yang juga Sutradara ini juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada banyak pihak yang sudah mendukung acara ini sejak pertama kali digelar. "Terima kasih untuk semua yang telah mendukung terselanggaranya acara ini dan yang telah datang ke upacara pembukaan. Apalah artinya festival ini tanpa dukungan dari kalian semua," ujarnya haru.





Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler