7 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Masa

Bandung - Perkembangan film di tanah air terus menunjukkan kualitasnya dari tahun ke tahun. Nah, memperingati Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret ini, BeritaBaik membuat rangkuman 7 film buatan anak negeri yang banyak menyedot animo penonton.

Tak hanya ditonton oleh jutaan orang, deretan film di bawah ini juga meraih banyak penghargaan baik di dalam maupun luar negeri. Ada beragam genre, mulai dari drama romantis, horor hingga komedi. Film-film ini masuk dalam daftar film Indonesia terlaris. Apa saja?

1. Ada Apa Dengan Cinta
Film yang dibintangi Dian Sastro dan Nicholas Saputra ini dirilis pada Februari 2002. Saat itu film ini begitu populer hingga banyak gaya dalam film ini yang ditiru anak muda pada masanya loh.

Film garapan sutradara Rudi Soedjarwo ini diproduksi oleh Miles Film. Sukses besar dimana ada sebanyak 2,7 penonton. Sekuelnya, Ada Apa Dengan Cinta? 2 yang rilis tahun 2016 disutradarai oleh Riri Riza pun tak kalah loh. Penontonnya mencapai 3,7 juta.

2. Habibie & Ainun
Masih dari film drama romantis, kali ini berkisah tentang perjalanan cinta Presiden RI yang ke-3 yaitu BJ Habibie dan Ainun Habibie. Film yang dirilis tahun 2012 ini diproduksi oleh MD Entertainment dengan sutradara Faozan Razli.

Film ini tak hanya bikin banjir air mata, namun juga banjir penonton. Tercatat ada 4,6 juta penonton yang menonton film ini di bioskop.

3. Para Pengabdi Setan
Film besutan Joko Anwar ini masih memegang rekor sebagai film horor Indonesia dengan penonton terbanyak. Tak kurang dari 4,2 juta orang menontonnya. Dirilis tahun 2017, film ini diproduksi oleh Rapi Film.

4. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!
Ini dia film Indonesia yang menduduki posisi teratas film terlaris hingga saat ini. Film ini merupakan remake dari film Warkop DKI yang lebih dulu populer. Antusiasme penonton terhadap Warkop DKI ini terbukti dari jumlah penontonnya.

Bayangkan saja, hanya dalam 22 hari film, penontonnya mencapai 6,5 juta orang loh. Film garapan Anggy Umbara ini rilis tahun 2016 diproduksi Falcon Picture. Hingga habis masa tayang di bioskop film ini mencatatkan 6,9 juta penonton.

5. Laskar Pelangi
Ini film yang menyentuh, diangkat dari sebuah novel karya Andrea Hirata. Cerita yang berasal dari kisah nyata ini membua penonton larut dalam haru. Kisah tentang anak Belitong yang tak putus asa mengejar pendidikan.

Rilis tahun 2008, diproduksi Miles Film dengan sutradara Riri Riza. Film ini menyedot 4,7 penonton.

6. Ayat-Ayat Cinta
Salah satu karya Hanung Bramantyo yang merupakan adaptasi dari novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama. Film drama religi yang dibintangi Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, dan Melanie Putria. Rilis tahun 2008, film ini ditonton oleh 3,6 juta orang.

7. Dilan
Film yang masih hangat dibicarakan. Film ini terinspirasi dari buku karya Pidi Baiq yang kemudian difilmkan pada 2018 dengan judul 'Dilan 1990'. Film produksi Falcon Pictures dan Maxima Pictures ini disutradarai oleh Farid Bustomi bersama penulis buku 'Dilan' sendiri yakni Pidi Baiq. Film pertama berhasil menarik 6,3 juta penonton.

Dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, keduanya pun begitu populer sebagai Dilan dan Milea. Kesuksesan film ini kembali terulang saat sekuelnya 'Dilan 1991' dibuat dan baru saja dirilis Februari lalu. Sebanyak 5,2 juta penonton rela kembali meneruskan cerita di film kedua.

Bagaimana TemanBaik, keren ya film-film buatan Indonesia di atas. Apa kalian sudah menonton semua film itu? Mana favorit kalian?


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler