'Bebas', Kisah Romantika 90-an yang Bikin Tertawa Sekaligus Haru

Bandung - Sempat menjadi pionir dari kebangkitan film remaja era 2000-an, produser Mira Lesmana dan sutradara Riri Riza kembali bikin manuver keren lewat film bertitel Bebas. 

Film ini simpel sih, menceritakan tentang kerinduan sebuah geng untuk kembali bertemu setelah 23 tahun terpisah keadaan. Namun sisi greget dari Bebas, ada pada penggalian kisah romantika anak SMA di era 90-an, yang sukses bikin penonton tertawa terpingkal - pingkal sekaligus menangis haru di beberapa adegan . 

Mengadaptasi salah satu film Korea, Sunny, Bebas menguatkan proximity ceritanya pada latar belakang orang sunda. Alkisah, Vina (Maizura), pindah dari Sumedang ke Ibukota Jakarta. Karena karakternya yang lugu dan kedaerahan, Vina pun kerap menjadi bahan tertawaan dari teman sekelasnya.

Sampai suatu saat ia pun tergabung dalam Geng Bebas yang squad-nya terdiri dari Kris (Sheryl Sheinafia) Jessica (Agatha Pricilla) Gina (Zulfa Maharani), Suci (Lutesha) dan Jojo (Baskara Mahendra). 

Berbagai konflik pun dimulai sampai akhirnya 23 tahun kemudian Vina dewasa (Marsha Timothy) berjuang untuk mempertemukan lagi geng Bebas saat mereka sudah menjalani kehidupannya masing- masing.

"Era ’90-an bukan hanya milik mereka yang tumbuh remaja dan dewasa pada masa itu, tapi bahkan menjadi milik mereka yang lahir setelahnya. Buat saya, ini menarik sekali, di mana sebuah era dapat membawa rasa nostalgia dan semangat yang sama bagi lintas generasi," ujar Riri Riza, beberapa waktu lalu di Bandung.

Film yang mulai 3 Oktober 2019 ini juga sekarang jadi trending topik loh. Bukan sebatas jadi tren film femaja era 90, film ini juga jadi inspirasi penting buat mereka yang sempat melupakan persahabatan dan kejadian berkesan saat mereka masih remaja.

"Film ini jadi semacam inspirasi bagi mereka yang lama enggak reuni sama sahabat atau geng mereka waktu SMA. Sama kayak aku, kalau enggak ketemu ya pasti lupa semua kejadian lucu dan mengharukan waktu remaja. Pas ketemu semua jadi terekam lagi nostalgianya," ujar Widi Mulia, pemeran Gina dewasa di film Bebas.

Film Bebas menjadi daya tarik tersendiri loh yang siap bikin penonton tertawa menggelitik. Miles Production sengaja mengentalkan suasana era 90-an mulai dari hal kecil seperti radio dan alat pemutar musik mobile, sampai fesyen dan gaya rambut yang tren di zaman itu.

Keistimewaan lainnya, film ini juga mengangkat kembali lagu - lagu hits seperti "Bebas" dari Iwa K, "Kebebasan" dari Singiku hingga "Aku Makin Cinta" milik Vina Panduwinata. 


Foto dokumentasi film 'Bebas'

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler