Ini Film Bertema Buddha yang Seru untuk Ditonton

Bandung - TemanBaik, hari ini kita sedang merayakan Hari Raya Trisuci Waisak 2564 BE/2020. Seperti kita ketahui bersama, Waisak merupakan hari raya yang diperingati khususnya oleh umat Buddha.Pada tahun ini, Hari Raya Waisak mengangkat tema 'Dengan Kesadaran Dharma, Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial Demi Keutuhan Bangsa'.

Nah, berbicara soal ajaran Buddha, ada banyak sekali kebaikan yang bisa kita petik di dalamnya. Menyenangkannya lagi, ajaran dalam agama Buddha itu sendiri nampaknya bisa kita temui dalam budaya populer, salah satunya film.

Beritabaik.id menghimpun beberapa film dengan unsur ajaran dalam Buddha yang bisa kamu tonton. Yuk simak ulasannya!

Siddhartha The Buddha
Siddhartha The Buddha adalah sebuah film sejarah yang bercerita tentang upaya Siddhartha Gautama dalam meninggalkan kehidupannya sebagai pangeran untuk mencari pencerahan demi umat manusia.

Film yang diproduksi pada tahun 2012 ini memperlihatkan bagaimana perjuangan Siddhartha untuk menemukan perdamaian, menyebarkan kebahagiaan, dan cinta kasih. Sebagian besar film ini memperlihatkan bagaimana Siddhartha merasakan keresahan akan hidupnya sebagai pangeran dan berkontemplasi tentang apa yang ingin dan bisa ia perbuat tanpa banyak unsur menceramahi.

Siddhartha The Buddha merupakan film yang berasal dari Sri Lanka, dan pernah diputar di Indonesia dalam sebuah acara yang digelar oleh PATRIA (Pemuda Theravada Indonesia) yang merupakan sebuah organisasi pemuda-pemudi Buddhis di Indonesia.

Little Buddha
Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tahun 1994, disutradarai oleh Bernardo Bertolucci dan dibintangi oleh beberapa aktor seperti Keanu Reeves, Chris Isaak, Bridget Fonda, Alex Wiesedanger, Ying Ruocheng dan masih banyak lagi. Film ini secara umum banyak menceritakan tentang sejarah Siddhartha Gautama, namun dikemas dalam latar belakang dan gaya barat. Adakah di antara kamu yang pernah menonton film ini? Adegan mana yang paling kamu ingat?

Legend of Buddha
Legend of Buddha adalah sebuah film animasi India yang rilis pada tahun 2004. Beberapa sumber menyebutkan, Legend of Buddha merupakan film animasi dua dimensi pertama di India.

Menceritakan tentang kehidupan Siddhartha Gautama sejak masa kanak-kanak hingga zaman pencerahannya, pembuatan film ini melibatkan tujuh animator profesional dan dibantu sekitar 300 animator.

Baca Ini Juga Yuk: Bosan #DiRumahAja? Ini Rekomendasi Film dari Kami untuk TemanBaik

Seven Years in Tibet
Berbeda dengan ketiga judul film di atas, 'Seven Years in Tibet' sebetulnya banyak menceritakan tentang perjalanan Helnrich Harrer bersama Peter Aufschnaiter saat hendak mendaki Himalaya. Namun di tengah perjalanan, mereka harus tertangkap tentara India dan ditahan sebagai tahanan politik akibat konflik yang melanda negara asal mereka di Perang Dunia kedua.

Harrer dan Peter kemudian melarikan diri dari kamp tahanan dan tersesat di Tibet. Nah, pada bagian inilah, unsur ajaran Buddha bisa kita temui dengan sentuhan yang sederhana. Seperti misalnya saat Harrer diminta membangun gedung pertunjukan film oleh Dalai Lama, lalu kemudian saat menggali tanah untuk membangun gedung tersebut para buruh bangunannya menemukan banyak cacing.

Harrer kala itu diminta untuk menyelesaikan pembangunan gedung bioskop tanpa membunuh seekor pun cacing. Dalam potongan dialog di film itu, seorang buruh bangunan menyebutkan semua makhluk hidup tidak boleh sembarangan dibunuh, karena bisa jadi dia adalah keluarga kita di kehidupan sebelumnya. Selain bagian tersebut, masih banyak pesan damai terselip dalam narasi, alur cerita dan dialog dalam tokoh di film ini.

Nah, itu dia daftar judul film dengan kandungan ajaran Buddha yang bisa kamu tonton untuk menemani produktivitasmu selama #DiRumahAja. Menyenangkan, bukan? Lalu adakah diantara kamu yang sudah menonton salah satu atau seluruh judul film tersebut, yang manakah film favoritmu?

TemanBaik, yuk kita jadikan momentum Waisak ini sebagai momentum untuk meningkatkan kepedulian sosial. Apalagi di tengah situasi dampak pandemi, ada banyak kebaikan yang bisa kita sebarkan untuk seluruh makhluk di alam semesta.

Foto: Ilustrasi Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler