Mengintip Infinite Studios, Studio Animasi Kelas Dunia di Batam

Batam - TemanBaik, familiar dengan film animasi? Nah, kamu tahu enggak, rupanya di Indonesia ada studio animasi kelas dunia. Ya, namanya Infinite Studio, yang terletak di Batam.

Menelusur sejarahnya, studio animasi ini mulai diluncurkan pada akhir tahun 2011 silam. Secara geografis, letak studio ini berada di Batam, tepatnya di kawasan Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau. Studio ini menempati lahan 10 hektar yang di dalamnya terdapat dua studio besar dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor). Selain itu, masih ada juga studio animasi. Infinite Studio tidak hanya menyediakan ruang produksi film dan animasi, tapi juga workshop, sound stage dan backlot.

Berdiri dengan tujuan untuk menjadi salah satu produsen film terkemuka di Asia, studio ini hadir dengan layanan di bidang produksi, pasca produksi, efek visual, dan animasi untuk pembuatan film dan televisi berskala global. Sepanjang perjalanannya, Infinite Studios Batam telah banyak menciptakan produk visual yang keren. Berbagai program penting juga dijalankan oleh Infinite Studio. Salah satunya adalah Infinite Stream.

Program tersebut mengajak para pegiat visual utamanya film dan animasi untuk mempelajari materi teknis di dunia animasi. Jadi, para Supervisor Infinite Stream ini akan mengajarkan materi-materi teknis di dunia animasi secara langsung melalui media daring seperti zoom. Selanjutnya, hasil siaran langsung tersebut mereka bagikan di kanal YouTube mereka, Infinite Studios. Kamu juga bisa mengikuti program-program keren lainnya dan mendapat info terbaru lewat akun resmi Instagram mereka @infinitestudiosbatam.



Baca Ini Juga Yuk: 'Ayun-Ayun Negeri', Film Baru Garin Nugroho Bakal Tayang di TVRI

Jangan lupa juga, berbagai karya hebat bertaraf Internasional lahir di tempat ini. Sebut saja hasil karya seperti Sing of the Dawn, Lil Dawn, Jungle Beat, dan masih banyak lagi telah diluncurkan. Karya-karya ini tak lepas dari peran 200 anak Indonesia, yang besarnya merupakan lulusan SMK dan Diploma. Hebat sekali, ya!

Belakangan, kehadiran Studio Infinite kembali menjadi perhatian. Salah satunya saat kunjungan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno ke Batam.

"Industri animasi yang diterapkan mulai dari film kartun hingga beragam genre film layar lebar. Ini merupakan peluang usaha ekonomi kreatif yang sangat potensial untuk membuka lapangan kerja, meningkatkan ekonomi kreatif, serta menggerakkan ekonomi bangsa," ujar Sandiaga dalam laman resmi Kemenparekraf.

Keberadaan studio animasi ini tentunya menjadi angin segar bagi pelaku ekonomi kreatif di tengah tantangan pandemi, yang mana sektor ekonomi kreatif ini banyak disebut perlu kemampuan bertahan yang lebih kuat lagi. Di sisi lain, hadirnya Infinite Studios beserta kawasan Nongsa Digital Park-nya ini sebagai salah satu tempat produksi visual bertaraf Internasional dari Indonesia tentunya bisa membuat kita selain berbangga hati, tentunya bisa berharap kalau kawasan ini bisa menjadi Wellington-nya Indonesia.

Ya, Wellington, sebuah kawasan di Selandia Baru yang menjadi rumah bagi studio bernilai jutaan dolar yang menjadi lokasi syuting film Hollywood seperti trilogi The Lord of the Rings dan juga The Hobbit. Lalu, adakah di antara TemanBaik yang pernah berkunjung ke sini?

Foto: Dok. Kemenparekraf RI & Kanal YouTube Infinite Studios

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler