Belajar Eco Driving Biar Hemat Bahan Bakar, Mau?

Bandung - Konsumsi bahan bakar setiap kendaraan akan berbeda-beda tergantung teknologi dari merek atau tipe kendaraannya. Namun, kita bisa loh meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan cara eco driving. Selain lebih menghemat bahan bakar, metode berkendara ini juga lebih ramah lingkungan.

Dengan eco driving, pengemudi diajak untuk lebih berhati-hati mengontrol dirinya berkendara. Bahkan dengan eco driving ini bisa lebih meminimalisir kecelakaan.
Metode yang sudah dikenalkan sejak lama ini nyatanya masih belum banyak diterapkan. Padahal teknik berkendara eco driving ini mudah untuk dilakukan loh TemanBaik.

Apa saja?

1. Akselerasi Kecepatan
Jangan membetot gas untuk menambah kecepatan. Sebaiknya injak pedal secara perlahan dan bertahap supaya bahan bakar tidak sia-sia. Sebab saat 'ngegas', respon tenaga tidak sebanding dengan bahan bakar yang mengucur deras.

2. Jangan Rem Mendadak
Sama dengan saat menambah kecepatan. Saat mengerem pun jangan mendadak. Jaga jarak aman berkendara sehingga saat mengerem pun tidak menekan pedal secara langsung.

3. Segera Pindah Gigi
Jangan memaksa mesin kita meraung pada rpm yang tinggi. Jika putaran mesin sudah cukup untuk berpindah gigi, segera pindah ke gigi yang lebih tinggi.

4. Jalan Turunan
Saat menemui jalan yang menurun, sebaiknya tak perlu injak gas. Manfaatkan gaya gravitasi kendaraan namun tetap mengantisipasi kapan harus menginjak gas atau rem dalam waktu yang tepat.

5. Jaga Kecepatan Stabil
Usahakan kecepatan saat berkendara tetap konstan supaya kerja mesin optimal dan tidak bekerja terlalu berat.

Inti dari eco driving yaitu pengemudi bersikap tenang dan santai saat berkendara. Ubah mindset saat berkendara supaya kerja kendaraanmu lebih efisien. Selamat mencoba TemanBaik!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler