Cegah Virus Flu Selama Setahun dengan Vaksinasi Flubio

Bandung - Gaya hidup sehat selalu berbicara soal pola makan, aktivitas fisik atau olahraga. Namun ada satu kebiasaan yang juga harus dilakoni, yakni vaksinasi.

Pemberian vaksin, tak hanya berlaku bagi bayi atau anak saja loh karena ada beberapa jenis vaksin yang berperan mencegah beberapa pemyakit yang dialami saat dewasa. Salah satunya influenza atau flu. Meski dianggap penyakit ringan, kita juga enggak bisa main-main saat diserang penyakit menular tersebut.

Sebagai solusi preventif atau pencegahan, Bio Farma punya satu jenis vaksin bertajuk Flubio. "Varian ini bisa dikatakan sebagai vaksin fleksibel karena waktunya bisa dilakukan kapan saja dengan penyuntikan setahun sekali," ujar Kepala Bagian Pelayanan Unit Klinik dan Imunisasi Bio Farma Erwin Setiawan, di kantor Bio Farma, Rabu (18/7).

Erwin bercerita, penularan virus influenza biasanya terjadi saat berinteraksi secara fisik dengan penderita flu. Droplet atau percikan itu beralih saat bersin dan batuk sehingga penyakit ini sangat mudah menular.

"Flu itu bukan lagi menjadi penyakit ringan saat virus menyerang penderita penyakit tertentu. Misalnya asma, pneumonia, bronchitis, diabetes hingga jantung. Dengan penyuntikan flubio biasanya tubuh lebih kebal dan tak mudah tertular," terangnya.

Ia melanjutkan, setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda. Namun perlindungan awal ini menjadi perisai penting untuk mencegah kondisi buruk dari serangan virus tersebut. Ia juga memastikan, vaksin flubio bisa diberikan untuk pasien usia 9 tahun ke atas yang tidak memiliki riwayat alergi telur atau ayam.

"Flubio bermanfaat banget bagi mereka yang punya riwayat asma. Biasanya flu berat bisa menyebabkan sesak nafas, nah dengan vaksinasi ini tubuh kebih imun saat virus flu menyerang atau atau saat mewabah," pungkasnya.


Foto: dokumentasi Bio Farma

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler