5 Cara Dapatkan Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Bandung - Insomnia adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan tertidur, atau hanya dapat tidur dengan waktu sebentar dengan kualitas yang kurang baik. Kondisi ini juga kerap disertai dengan gangguan fungsional lainnya setelah terbangun seperti sakit kepala atau badan pegal. Kualitas tidur yang kurang baik pastinya akan sangat mengganggu aktivitas dan membuatmu terlihat lemas, tidak fokus dan tidak bersemangat sepanjang hari.

Berdasarkan survei dari Crampex pada tahun 2017 menunjukkan bahwa terdapat 86 persen orang di Inggris mengalami masalah dengan gangguan tidur. Demi mendapatkan tidur yang nyenyak, mungkin ada beberapa orang yang memilih menggunakan obat-obat tertentu. Namun, pernahkan TemanBaik mencoba hal-hal dan mengubah kebiasaan agar terhindar dari insomnia? Berikut beberapa cara mudah yang dapat kamu terapkan agar terhindar dari Insomnia.

Perhatikan Kamar
Kamar adalah ruang yang paling personal di rumah itu artinya kenyamanan di area ini sangatlah perlu untuk diperhatikan. Kondisi tempat tidur juga dapat memengaruhi kualitas tidur, sebab kasur nyaman mampu membantu mengatasi masalah insomnia.

Kini, saatnya periksa apakah kasur dan bantal kamu sudah nyaman, pastikan kasurnya tidak keras dan ukuran bantalnya tidak kecil. Kasur yang keras sudah barang tentu akan membuat tidurmu sakit, dan bantal yang terlalu kecil akan membuat leher dan kepala tidak nyaman.

Baca juga: Lakukan Ini, Kamu akan Lebih Fit Hadapi Pancaroba

Maka, pastikan kasur yang TemanBaik gunakan empuk dan lembut. Gunakan juga bantal yang ukurannya besar dan mampu menopang leher dan kepala dengan nyaman. Tidur pun menjadi lebih nyaman dan kualitas istirahat pun jadi lebih baik. Tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan di dalam kamar ya untuk kenyamanan yang maksimal.

Hindari Kafein
Minuman atau makanan yang mengandung kafein dapat menimbulkan kecemasan dan mengurangi kualitas tidur. Oleh sebab itu, salah satu cara terbaik untuk menghindari insomnia adalah dengan mengurangi konsumsi kafein pada malam hari, terutama menjelang tidur. Untuk menyiasatinya, kamu bisa konsumsi kafein setidaknya dua jam sebelum tidur.

Minum Susu Hangat Menjelang Tidur
Cara lain untuk mengatasi insomnia adalah dengan meminum susu hangat sebelum tidur. Kamu bisa meraciknya dengan tambahan madu. Madu memiliki efek sedatif yang sama seperti gula, meski manis namun tetap aman bagi penderita diabetes.

Matikan Lampu
Bagi kamu yang terbiasa menyalakan lampu ketika tidur, sebaiknya cobalah untuk mulai mematikan semua lampu di kamar. Hal ini juga dapat menjadi solusi bagi para penderita insomnia, mata kamu akan lebih cepat terlelap daripada ketika keadaan lampu kamar menyala. Mematikan lampu juga membantu mengurangi kekhawatiran dan membuat lebih cepat tidur.

Makanan Mengandung Tryptophan
Tryptophan adalah satu dari 20 asam amino penyusun protein yang bersifat esensial bagi manusia yang mampu merangsang otak agar lebih cepat tidur. Sayangnya, tryptophan tidak secara alami diproduksi tubuh, oleh sebab itu kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung tryptophan, seperti keju cair, daging ayam, ayam kalkun, ikan tuna dan kacang kedelai.

Tertarik untuk mencobanya TemanBaik?


Foto Ilustrasi: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler