Rapi dan Bahagia Bereskan Rumah dengan Metode Konmari, Mau Coba?

Bandung - Apa baju dan barang lainnya di rumah semakin bertambah jumlahnya dan bingung bagaimana untuk mulai merapikannya? Nah mungkin kamu bisa coba berkenalan dengan Konmari, yaitu suatu metode beres-beres yang dibuat oleh seorang konsultan kerapian asal Jepang bernama Marie Kondo.

Dalam buku 'The Life-Changing Magic of Tidying Up' Marie Kondo menceritakan mengenai betapa magisnya seni beres-beres. Menerapkan Konmari dengan baik dan benar juga dapat memberikan perubahan positif bagi diri kita, loh! Penasaran seperti apa metode ini? Simak penjelasannya berikut.

Visualisasikan Tujuan
Pikirkan situasi yang benar-benar terperinci tentang bagaimana rasanya hidup di tempat yang bersih dan nyaman. Kamu harus membayangkan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan di tempat tersebut dan perasaan seperti apa yang ingin kamu dapatkan. Dengan memikirkan hal-hal secara terperinci seperti ini, akan membantu kita dalam memilih barang apa yang ingin kita pertahankan atau bahkan harus kita tinggalkan.

Rapikan dalam Sekali Waktu dan Menyeluruh
Hindari melakukan proses beres-beres dan merapikan rumah atau ruangan secara sebagian atau setengah-setengah. Menurut Kondo membersihkan ruangan sekaligus dalam satu hari lebih baik daripada membersihkan sedikit demi sedikit dalam beberapa hari. Hal ini dapat mengubah cara berpikirmu akan sekitar.

Mulailah dengan melakukan penyeleksian barang-barang milikmu. Kemudian, kamu bisa merapikan kembali barang-barang yang telah terpilih ke tempatnya semula. Tentunya semua harus dilakukan dalam sekali waktu dan tanpa ada penundaan.

Bersihkan Berdasarkan Kategori
Dalam kegiatan bersih-bersih, umumnya yang kita lakukan adalah membersihkannya berdasarkan tempat. Saatnya ubah kebiasaan tersebut, dan mulailah membersihkan berdasarkan kategori. Misalnya ketika kamu akan membersihkan pakaian, artinya kamu mengumpulkan seluruh pakaian dan mulai merapikan kategori pakaian ini. Hal yang sama pun ketika kamu akan merapikan kategori lain, seperti buku, barang elektronik atau lainnya. Bersihkan mulai dari kategorinya bukan dengan tempatnya.

Cara ini akan lebih mudah dan tak akan membiarkanmu melewatkan satu barang sekalipun. Setelah kamu memutuskan kategori mana yang hendak dipilih terlebih dahulu, maka keluarkan semua barang tersebut dan letakkan pada satu tempat luas seperti lantai, untuk memudahkanmu melakukan penyeleksian.

Pertahankan Barang yang Memberikan Energi Positif
Untuk urusan kebahagiaan dan energi positif, saatnya tanyakan pada diri sendiri, apakah sesuatu yang kamu miliki benar-benar dapat membawa kebahagiaan atau tidak untuk dirimu. Tanyakan hal ini pada diri ketika melakukan penyeleksian barang. Jika kamu merasakan kebahagiaan ketika menyimpan barang tersebut maka simpanlah. Namun jika kamu tidak merasakan kebahagiaan akan kehadiran barang tertentu, maka itu saatnya kamu harus merelakannya pergi.

Mari Melipat
Metode Konmari yang paling populer adalah seni melipat pakaian yang sangat khas. Pakaian tersebut dilipat dan tidak diletakkan datar, sehingga rapi dengan posisi berdiri. Dengan posisinya yang berdiri ini, kamu dapat melihat seluruh pakaian yang ada di lemari tanpa melewatkan yang lainnya.

Memang, tidak semua pakaian akan cocok untuk dilipat, karena itu pakaian seperti jaket, gaun, jas dan pakaian lainnya bisa kamu gantung. Menggantung pakaian juga akan memberikan dampak bahagia bagi pemiliknya.



Foto: Unsplas.com



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler