Ini Alasan Kenapa Atlet Butuh Banyak Asupan Protein

Bandung - Asupan gizi yang cukup dapat memberikan kesehatan tubuh yang optimal yang dibutuhkan. Terutama bagi seorang atlet, tenaga dan performa yang prima adalah hal yang diperlukan agar dapat mengikuti kompetisi secara lebih maksimal. Oleh karena itu, para atlet harus memerhatikan kandungan serta nilai gizi yang terdapat dalam setiap makanan yang dikonsumsinya, seperti mengandung protein yang dibutuhkan.

Protein memang salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, protein memiliki banyak fungsi dan manfaat yang baik. Protein baik untuk pertumbuhan dan pertahanan jaringan tubuh, membentuk senyawa-senyawa essensial dalam tubuh seperti hormon, enzim, hemoglobin dan lainnya. Protein juga dapat mengatur keseimbangan air, mempertahankan kenetralan asam di tubuh, membentuk antibodi serta dapat mengantarkan zat gizi ke jaringan yang membutuhkan.

Melihat sejumlah fungsi dan manfaatnya bagi tubuh, maka tak salah jika protein perlu menjadi salah satu asupan terpenting yang harus dikonsumsi seorang atlet. Dilansir dari Medical Daily yang mengutip jurnal dari Harvard Medical School, orang dewasa yang aktif membutuhkan 10 persen dari jumlah kalori yang masuk ke tubuh tiap harinya. Jumlah tersebut setara dengan 0,8 gram protein per kilogram berat tubuh kita. Jadi Jika kamu memiliki berat badan 70 kilogram, maka kamu harus mengonsumsi 56 gram protein tiap harinya.

Baca juga: Bocah 15 Tahun Asal Bandung Ini Berjaya di Gothia Cup China

Bagi para atlet yang melakukan olahraga otot atau fitness tiap harinya, maka sangat direkomendasikan untuk makan 20 gram protein tepat setelah berolahraga, untuk langsung memperbaiki otot yang rusak setelah berolahraga.

Tentunya hal ini akan berbeda jika kamu tidak melakukan olahraga. Bagi kamu yang lebih banyak bersantai namun mendapat asupan protein yang cukup tinggi, protein tersebut akan diubah menjadi lemak oleh tubuh.

Untuk menyeimbangkan asupan protein di dalam tubuh, di dalam seporsi makanan atlet disarankan dilengkapi dengan sajian bernutrisi lainnya. Kandungan seperti karbohidrat untuk menambah tenaga, vitamin, mineral, serta lemak tak jenuh yang berfungsi untuk meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh agar performa atlet tetap prima. Selain itu, glukosa yang terkandung di dalam jus, buah, atau roti juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan gula darah dan menjaga energi selama mengikuti pertandingan.

Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler