Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tetap Segar

Bandung - Ketika Idul Adha biasanya kita mendapatkan jatah daging kurban, karena di sekitar lingkungan rumah melakukan penyembelihan hewan kurban.

Namun, terkadang kita kerap bingung, daging kurban yang diterima akan dimasak menjadi menu apa. Jika tidak ingin memasaknya saat itu juga, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu, loh, TemanBaik.

Berikut ini tips menyimpan daging kurban agar tetap segar:

Jangan Mencuci Daging
Sebelum disimpan di kulkas, sebaiknya jangan mencuci daging. Jika mencucinya dengan air, kuman-kuman akan mudah masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Hal tersebut justru akan merusak kualitas daging kurban. Cuci dan bersihkan daging ketika hendak dimasak.

Simpan di Freezer
Sebelum disimpan di freezer, simpanlah dulu daging kurban di dalam suhu sejuk selama 20-24 jam atau sehari semalam. Setelah dinginnya merata, baru lah kamu masukkan ke dalam freezer.

Baca juga: Ide Masakan Berbahan Daging untuk Idul Adha

Atur Suhu Kulkas dengan Tepat
Jangan menyimpan daging dalam suhu lima derajat celsius. Atur suhu kulkas menjadi minus satu sampai satu derajat celsius. Penyimpanan dengan suhu tinggi bisa merusak kualitas daging dan akan menyebabkan daging tekontaminasi bakteri.

Potong dan Simpan dalam Wadah
Jika mendapatkan jumlah daging yang banyak, sebelum membekukannya potonglah daging menjadi bagian-bagian kecil dan simpan di wadah yang kedap udara. Jangan menyimpan daging utuh di dalam freezer.

Sebelum Dimasak, Rendam dalam Suhu Normal
Taruh daging beku yang akan dimasak dalam sebuah wadah menggunakan air bersuhu normal. Setelah daging terlihat empuk, cucilah dengan bersih, tiriskan, lalu kamu pun bisa memasaknya.



Foto: pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler