Edukasi Keselamatan Berkendara ke Anak Muda Harus Pakai Cara Seru

Bandung - Anak milenial boleh enggak sih bawa kendaraan? Boleh dong, asal TemanBaik penuhi syarat usianya alias punya Surat Izin Mengemudi. Tapi enggak hanya itu saja, kita juga harus memahami bagaimana teknis berkendara yang aman dan mengutamakan keselamatan. Setuju?

Nah untuk memberikan edukasi tentang kesalamatan berkendara, sekitar 450 anak SMA di Jawa Barat mengikuti program tahunan Michelin Safety Academy 2018. Pada Rabu (4/10/2018), Kick Off MSA dimulai dari SMK 3 Bandung dan selanjutnya diselenggarakan di beberapa sekolah di Jabar.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Transportasi Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jabar Ali Nurudin menuturkan, safety riding bagi kalangan muda enggak hanya mementingkan teori dan teknis berkendara loh. Menurutnya hal paling humanis justru ada pada soft skill dan kepedulian terhadap sesama pengendara.

"Kalau bicara teori, pasti sudah aturan bakunya. Tapi hal yang lebih penting saat berkendara, anak muda harus mencintai pengendara lainnya. Mereka harus santun dan saling menjaga keselamatan masing-masing. Pokoknya saling sayang deh biar enggak ugal-ugalan," ujar Ali di hadapan ratusan perwakilan siswa.

Tahun ini, MSA menjangkau ratusan siswa dan tenaga pengajar dari 20 sekolah di Jabar, yang mencakup Bandung, Cimahi, dan Sumedang. Melalui kegiatan edukasi ini, ia juga berharap kesadaran berkendara secara aman bisa menjadi gaya hidup kaum milenial.

"Untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan terutama yang melibatkan pengendara usia muda, edukasi dan berbagai gimmick pun harus disampaikan kepada para siswa. Cara menyampaikannya juga harus seru ya," pungkasnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler