Cara Bikin Potpourri, Bunga Kering Cantik ala Perancis

Bandung - Bunga yang mulai layu bisa jadi dekorasi rumah yang cantik loh, TemanBaik. Dari bunga-bunga yang layu, bisa kamu keringkan dan jadikan hiasan rumah bernama potpourri. 

Potpourri adalah istilah yang berasal dari Bahasa Perancis, yang berarti ‘wadah yang telah membusuk’. Potpourri menjadi cara agar bunga segar tidak dibuang jika layu dan dapat dinikmati dalam waktu yang lama.

Tidak hanya sebagai dekorasi yang cantik, bunga, buah dan rempah dalam potpourri dapat diberi wewangian natural dan berfungsi untuk menyegarkan ruangan. Wewangian dari potpourri dapat memberikan rasa nyaman, rileks dan menenangkan. 

Selain membelinya di toko dekorasi atau kebutuhan rumah tangga, kamu juga bisa bikin potpourri sendiri di rumah. Cara membuatnya pun juga tidak terlalu sulit loh, cobain yuk!

Bahan
Sediakan bahan-bahan membuat bunga kering, seperti  kelopak bunga, dedaunan, kulit jeruk dan rempah juga bisa kamu tambahkan sebagai variasi. Lalu sediakan juga loyang, kertas roti, gunting, essential oil dan botol penyemprot.

Cara Membuat
Setelah beragam bunga telah terkumpul, potong masing-masing bunga dari tangkainya, kemudian tempatkan pada loyang yang telah dialasi kertas roti. Beri wewangian pada bunga dengan menambahkan rempah-rempah sesuai selera, seperti kayumanis atau cengkeh. Setelah itu, semprotkan 10-15 tetes essential oil dengan 2 sendok makan air. 

Keringkan bunga pada oven selama kurang lebih 2 jam atau hingga bunga nampak mengering. Hati-hati jangan sampai terlalu lama dan membuat bunga-bunga gosong. Selanjutnya, keluarkan loyang dari oven dan tempatkan bunga kering pada mangkuk, toples atau botol yang bersih dan kering. Semprotkan kembali essential oil. Voila! Potpourri pun sudah jadi dan bisa TemanBaik simpan di ruangan.

Foto: Wikihow
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler