5 Tip Pintar Belanja Online yang Aman dan Hemat

Bandung - Belanja online memang mengasyikan, TemanBaik bisa memilih apa yang disukai, memesan kemudian melakukan pembayaran, dan semuanya bisa dilakukan tanpa perlu ke luar rumah. Meski mudah dan menyenangkan, berbelanja secara online memberikan berbagai dampak.

Berbelanja secara online bisa berdampak keinginan untuk membeli yang berlebihan atau konsumtif. Selain itu, tidak jarang juga penjual yang melakukan penipuan. Nah biar TemanBaik tidak salah membeli sesuatu, tepat dan hemat, serta mengetahui apakah penjual melakukan penipuan atau tidak, penjelasan berikut layak untuk disimak.

Lakukan Riset
Sebelum berbelanja, lakukanlah riset tentang penjual, TemanBaik bisa mengunjungi websitenya, memeriksa testimonial pembeli dan hal-hal yang dapat membuat kamu yakin untuk membelinya. Kamu juga bisa melakukan pencarian di mesin pencari mengenai produk yang mereka jual, seperti ulasan atau respon yang didapat. Jangan lanjutkan pemesanan jika kamu menemukan ada yang tidak beres dengan produk atau bisnis mereka.

Jangan Mudah Tergoda
Barang murah memang sangat menggoda, bahkan ketika kamu tidak begitu membutuhkannya kamu mungkin saja sengaja membelinya karena harganya yang murah. Tapi, jangan buru-buru tergoda pada tawaran barang yang murah. Periksalah hal-hal yang terkait produk yang dijual murah tersebut, kunjungi situs penjual, pastikan juga kalau barang tersebut memang sesuai dengan deskripsi dan gambar yang terdapat dalam foto.

Baca juga: Hemat Keuangan dengan Cara Ini, Yuk!

Pastikan Barang Sesuai Kebutuhan
Berbelanjalah dengan bijak, yaitu membeli barang yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Dengan membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan, kamu juga sudah melakukan salah satu cara berhemat dan berbelanja dengan bijak.

Tetapkan Anggaran
Sebelum memutuskan belanja, kamu sebaiknya menetapkan dahulu dana yang dianggarkan untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan. Jika kamu sudah menentukan anggarannya, pastikan kamu tidak melanggar anggaran yang sudah ditetapkan tersebut. Karena jika tidak, kemungkinan kamu akan melakukan hal yang sama di pembelanjaan selanjutnya.

Pilihan Pembayaran
Selain dengan cara transfer, biasanya pembayaran juga dapat dilakukan dengan kartu kredit. Kartu kredit memiliki bukti yang kuat kalau kamu melakukan transaksi jika barang tidak diantar atau tidak sesuai dengan pesanan. Namun, saat ini banyak juga pencurian nomor kartu kredit, oleh karena itu pembayaran dengan menggunakan sistem seperti Paypal, transfer kirim hingga COD boleh dipertimbangkan. Jika pembayaran dengan transfer, siapkan bukti transfer, seperti resi atau salinan email sebagai bukti pembayaran.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler