Musim Hujan Tiba, Periksa Instalasi Listrik di Rumah Yuk!

Bandung - Musim hujan sudah datang kembali nih, curah hujan yang cukup tinggi kerap kali menyebabkan atap rumah bocor hingga banjir di beberapa daerah. TemanBaik juga harus memerhatikan keamanan listrik di rumah. Memeriksa keadaan listrik merupakan salah satu cara mengantisipasi bahaya listrik ketika hujan untuk menjaga keselamatan. Yuk, periksa instalasi listrik di rumah!

MCB 
Miniature Circuit Breaker (MCB) adalah komponen dalam instalasi listrik rumah yang berfungsi sebagai sistem proteksi dalam instalasi listrik saat terjadi beban lebih dan hubung arus listrik (short circuit atau korsleting). Pastikan ukuran MCB yang dipasang di rumah telah sesuai dengan daya listrik yang terpasang, berstandar SNI dan dipasang dalam Box MCB.

ELCB
Instalasi listrik juga harus dipasang pengaman Anti Kontak atau yang disebut juga dengan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker). ELCB dapat memutuskan sumber listrik jika terjadi kebocoran listrik. Pastikan ELCB yang digunakan khusus untuk mengamankan manusia dari bahaya sentruman dan pastikan juga ELCB sudah terpasang dengan baik dan benar dilengkapi dengan Box Pengaman. 

Periksa Kabel 
Pemasangan jenis kabel yang tidak sesuai dapat mengakibatkan instalasi listrik di rumah menjadi kurang baik dan tidak aman. Gunakan kabel listrik yang sudah sesuai dengan Kemampuan Hantar Arusnya (KHA) yang sesuai kebutuhan dan memiliki standar SNI. Periksa juga sambungan kabel agar tidak terlalu banyak apalagi sampai tidak tersambung dengan benar. Hal tersebut dapat menyebabkan percikan api dan kebakaran.

Stop Kontak dan Saklar
Pemasangan stop kontak, saklar dan fitting lampu yang tidak benar dapat menyebabkan instalasi listrik di rumah tidak aman loh TemanBaik. Pemasangan stop kontak dan saklar sebaiknya memiliki jarak 150 cm dari permukaan lantai. Namun jika terpaksa memasangnya di tempat yang lebih rendah, maka stop kontak yang digunakan harus dilengapi penutup

Periksa Peralatan Listrik Saat Hujan
Langkah pertama ketika hujan besar atau hingga terjadi banjir adalah mencabut seluruh perlatan listrik yang masih terhubung dengan stop kontak. Selanjutnya, pindahkan peralatan elektronik di rumah dari bahaya terkena air ke tempat yang aman. 

Matikan Listrik
Untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang enggak diharapkan, matikan instalasi listrik di dalam rumah ketika banjir terjadi. Jika kamu berencana meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, sebaiknya cabut seluruh perlatan listrik dari stop kontak dan saklar. Tidak lupa, matikan listrik dan simpan peralatan elektronik di rumah ke tempat yang lebih aman. 

Foto: Pexels.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler