Menghias Rumah dengan Lima Tanaman Cantik Kekinian Ini Yuk!

Bandung - Ada banyak alasan kenapa tanaman sangat penting diikutsertakan dalam desain interior. Warna hijau tanaman dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan pikiran. Warna warni dari bunga juga dapat mempercantik suasana ruangan. Selain itu, jenis tanaman tertentu juga dapat menetralkan racun dan menyegarkan udara.

Masih bingung akan menghadirkan tanaman apa di ruangan? Lima tren tanaman kekinian berikut bisa kamu coba untuk dihadirkan di rumah, layak dicoba!

Lidah Mertua atau Sanseviera
Lidah Mertua atau dikenal juga dengan sebutan Sanseviera dapat kamu pilih sebagai tanaman pelengkap desain interior. Sanseviera jenis ‘Black Brazilian’ bisa dipilih karena dapat menghasilkan banyak oksigen. 

Perawatannya pun mudah, kamu tidak perlu sering menyiram tanaman ini. Sanseveria dapat tumbuh dalam kondisi sedikit air atau kering dan di lokasi yang terparpar cahaya matahari langsung. Cara mengembangbiakannya juga mudah, sebab Sanseviera dapat menghasilkan tunas anakan di sekelilingnya. 


Agapanthus
Agapanthus Adalah jenis bunga lili bergerombol dan anggun dengan gradasi warna biru keunguan. Kuntum bunganya cantik akan mekar di musim kemarau dan bertahan selama beberapa bulan. Bunga ini memiliki daun yang menyerupai rumput dan tidak mudah rontok.

Untuk merawat tanaman yang satu ini, kamu hanya perlu menyiramnya satu kali dalam sehari. Jika ditanam di dalam pot, diameter pot sebaliknya tidak terlalu besar yaitu sekitar 20-30 sentimeter saja. Jika ukuran pot terlalu besar, daun akan tumbuh lebih subur dan sulit berbunga. 

Monstera Deliciosa
Monstera Deliciosa adalah salah satu tanaman asal Meksiko dan Amerika Tengah yang sedang tren saat ini. Monster Deliciosa adalah tanaman yang memiliki daun yang cantik yang akan memberikan kesan tropis dalam ruangan. Bentuk daunnya yang lebar dapat menyerupai hati  dengan banyak lubang, membuat tanaman yang termasuk ‘Philodendron’ ini mudah untuk dikenali. 

Monstera Deliciosa dapat hidup dengan baik di tempat yang memiliki suhu 23 sampai 30 derajat celsius pada siang hari dan 15 derajat celsius pada malam hari. Perawatan tanaman bunga Monstera juga sama dengan jenis tanaman lain yakni dengan penyiraman secara rutin, pemupukan berkala dan menghindarkannya dari berbagai macam jenis hama serta penyakit yang mengancam.

Meskipun tampilannya cantik, kamu perlu berhati-hati sebab daun ini memiliki racun. Tanaman ini dapat menyebabkan kerunan pada anak kecil atau binatang jika tidak sengaja mengunyahnya.

Kadaka
Kadaka adalah tanaman yang tidak dapat terkena matahari langsung, jika terkena matahari, daunnya akan berubah warna menjadi kekuningan. Untuk memiliki tanaman yang satu ini di rumah kamu harus memerhatikan perawatannya, seperti menyiramnya secara teratur dan menempatkannya di area yang tidak kering. Jangan lupa untuk memberikan pupuk cair dengan menyemprotkannya sebulan sekali.

Philodendron
Philodendron adalah tanaman dengan daun lebar yang berbentuk hati. Dapat bertahan hidup pada lingkungan yang terkena sinar matahari ataupun tidak. Tanaman ini dapat menyerap racun formaldehida dari perabotan rumah tangga, seperti furnitur kayu, particle board, karpet, bahan pembersih, minyak tanah, dan asap rokok.

Namun kamu perlu berhati-hati sebab getah dari philodendron dapat menyebabkan iritasi kulit, serta beracun jika dikonsumsi karena mengandung kristal kalsium oksalat. Efek keracunannya berbeda-beda, mulai dari pembengkakan parah hingga gangguan fungsi pernapasan.

Foto: 
Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler