Lima Asupan Bergizi Biar Enggak Gampang Sakit di Musim Hujan

Bandung - Musim hujan sudah mulai hadir, cuaca ini bikin kamu mungkin kerap kehujanan dan rentan terkena penyakit, seperti flu, batuk atau diare dan lainnya. Biar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga dan sistem imun tetap optimal, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menjaga tubuh. Apa saja makanan dan minuman tersebut?

Brokoli
Brokoli adalah sayur yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Brokoli mengandung vitamin A, C, E serta antioksidan yang baik bagi tubuh. Sayur yang satu ini juga kaya serat, kamu bisa mengolahnya menjadi aneka menu yang lezat sesuai selera.

Bayam
Tidak hanya kaya dengan vitamin C, bayam kaya antioksidan dan beta-karoten. Bayam juga kaya akan serat dan mudah dimasak, Sayur ini cocok disajikan sebagai menu keluarga di rumah.

Bawang Merah dan Bawang Putih
Bawang merah dan bawang putih mengandung beberapa senyawa antioksidan yang dapat menangkal sejumlah virus dan bakteri. Dua bawang ini dapat mencegah infeksi hingga menurunkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit kanker. 

Jeruk
Beragam jenis jeruk seperti jeruk nipis, lemon dan jeruk lainnya merupakan sumber utama vitamin C yang sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Jeruk mengandung lebih dari delapan ribu flavonoid, kalium dan asam folat. Jeruk juga mampu mencegah penyakit kardiovaskular, inflamasi dan kanker. 

Teh Hijau
Di antara semua jenis teh, teh hijau merupakan jenis teh yang memiliki kualitas baik karena mengandung antioksidan yang tinggi dan terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.Teh hijau mengandung asam amino L-theanine yang baik yang dapat membantu dalam produksi senyawa antikuman di sel T manusia. Polifenol, flavonoid, dan katekin di dalamnya terbukti dapat melawan radikal bebas yang merusak sel dan meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Foto: Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler