6 Trik Buat Kamu yang Masih Bingung Pilih Jurusan Kuliah

Bandung - Menentukan jurusan kuliah akan memengaruhi kehidupan yang akan kamu jalani nantinya loh TemanBaik! Jadi pastikan kamu memilih jurusan kuliah yang sesuai dan yang memang kamu inginkan. Buat TemanBaik yang masih bingung memilih jurusan kuliah, berikut BeritaBaik berikan trik yang bisa kamu terapkan untuk memilih jurusan kuliah.

Pilih Apa yang Kamu Suka
Hal penting dalam menentukan jurusan kuliah dapat diukur dari keinginan kamu dan apa yang kamu suka dan minati di sekolah. Hal tersebut dapat membantumu untuk mengetahui ke mana arah minat kamu.

Buat Daftar
Jika hal yang kamu sukai ada banyak sekali dan kamu bingung memilih satu di antaranya, maka buatlah daftar. Ambil kertas dan tulis daftar sebanyak-banyaknya bidang yang kamu suka. Setelah kamu tulis, saatnya kamu pilih mana yang ingin kamu tekuni, coret yang sekiranya tidak begitu kamu sukai hingga tersisa lima bidang yang kamu benar-benar suka saja. 

Dari lima bidang tersebut, kamu bisa menentukan mana yang ingin sekali kamu geluti dan wujudkan. Masih bingung? Kamu bisa bertanya dan mendiskusikan lima bidang tersebut pada keluarga dan teman dengan meminta pendapat mereka.


Potensi Diri
Mungkin ada hal yang kamu suka namun tidak sesuai dengan kemampuan, meski terlihat keren ada baiknya kamu tidak memaksakan kemampuanmu. Kalau kamu pintar di bidang seni atau sastra maka sebaiknya kamu enggak perlu mengambil jurusan eksak hanya karena orang bilang itu keren. 

Peluang Kerja
Sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah adalah memilih jurusan yang paling banyak peluang kerjanya. Memilih jurusan yang pasti dibutuhkan dunia kerja bukanlah ide yang buruk kok. Seperti memilih jurusan teknik informatika atau akuntansi yang selalu dibutuhkan perusahaan dengan latar belakang apapun. Tapi tentunya kamu juga tetap harus memertimbangkan minat dan kemampuan ya. Ingat, kamu tidak harus memaksakan diri untuk memilih hal yang tidak kamu suka.

Biaya
Ketika memilih kampus dan jurusan yang dipilih, kamu juga harus memertimbangkan banyak hal termasuk soal biaya. Apakah keadaan finansial orangtua mendukung studimu hingga selesai? Sebab pendidikan di universitas memerlukan waktu yang tidak sebentar dengan biaya yang tidak sedikit. 

Jangan Ikut-ikutan
Sangat tidak disarankan untuk memilih jurusan karena mengikuti teman. Bagi kamu yang ingin sukses, maka pilihlah jurusan berdasarkan pilihan pribadi. Menjalani hal yang bukan keinginan kamu akan terasa berat loh TemanBaik!  Semangat dan semoga sukses ya!

Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler