Ini Alasan Kenapa Kampus Swasta Juga Bisa Jadi Pilihan Kuliah

Perguruan Tinggi Negeri alias PTN kerap menjadi pilihan para calon mahasiswa dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Swasta atau PTS. Namun, jika kamu belum berhasil masuk PTN favoritmu, jangan berkecil hati. Sebab, kampus swasta juga memiliki kualitas yang enggak kalah bagus kok! Ada beberapa alasan kenapa kampus swasta juga bisa jadi pilihan melanjutkan studi. Mau tahu apa saja?

Akreditasi
Saat ini sudah banyak perguruan tinggi swasta yang memiliki akreditasi dan kualitas yang baik. Akreditas jurusan juga sangat memengaruhi dalam mencari pekerjaan pada perusahaan tertentu. Maka ketika kamu memilih PTS, pilihlah yang jurusannya memiliki akreditasi yang baik.


Fasilitas Kampus
Kampus swasta biasanya gerak cepat soal pembaruan, terutama perihal infrastruktur dan fasilitas. Sejumlah infrastruktur dan fasilitas ini juga layak untuk kamu pertimbangkan sebagai pilihan kampus. Karena bangunan dan fasilitas kampus yang nyaman tentunya akan memberikan semangat buat kamu belajar. 

Kualitas yang Sama
Sama seperti perguruan tinggi negeri, kampus swasta juga memiliki kualitas yang sama baiknya, seperti visi dan misi universitas, status akreditasi serta kurikulum. Selain itu, PTS juga memiliki kualitas dosen atau sumber daya manusia, manajemen dan organisasi yang baik. Serta didukung kualitas kegiatan kemahasiswaan dan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. 

Biaya yang Murah
Beberapa kampus swasta memiliki penawaran yang cukup menarik, salah satunya adalah biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan kampus negeri favorit. Hal ini dapat menjadi pertimbanganmu yang ingin kuliah namun terhambat kondisi keuangan. Kampus swasta dapat menjadi salah satu pilihan untuk mewujudkan keinginanmu kuliah dengan biaya yang terbatas.

Kuliah sambil Kerja
Kampus swasta juga biasanya menawarkan pilihan waktu kuliah yang lebih fleksibel, seperti jadwal perkuliahan di malam hari. Program ini ditujukan untuk memudahkan kamu yang sudah punya pekerjaan agar dapat tetap bekerja sekaligus bisa kuliah.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler