Punya Hewan Peliharaan? Jangan Lupa Divaksin Rabies Ya!

TemanBaik punya hewan peliharaan enggak? Kucing atau anjing misalnya, termasuk kera hingga musang. Nah, mulai sekarang, kamu harus lebih waspada dan peka ya. Jangan sampai hewan kesayanganmu terjangkit penyakit. Salah satu yang harus diwaspadai adalah penyakit rabies.

Kamu sebaiknya memberikan vaksin untuk hewan peliharaan. Jika tidak punya uang, jangan khawatir, khusus warga Jawa Barat kamu bisa datang ke Dinas Peternakan di berbagai daerah di Jawa Barat.

"Untuk kabupaten/kota, itu dinas (peternakan) yang menangani. Kita drop vaksin rabies itu, jadi free (gratis untuk masyarakat yang datang)," ujar Kepala Rumah Sakit Hewan Jawa Barat Indrianti kepada BeritaBaik.

Tapi, jika kamu punya uang dan merasa lebih sreg ke dokter hewan atau klinik hewan, itu baik juga kok. Dengan diberikan vaksin rabies, hewan menggemaskanmu bisa terhindari dari penyakit rabies.

Baca Ini Juga Yuk: Mau Traveling atau Umrah, Vaksin Dulu Yuk di Imunicare

Jika hewan peliharaanmu tidak divaksin dan akhirnya terjangkit rabies, kasihan loh TemanBaik. Dia akan sangat menderita dan tidak bisa disembuhkan.

"Gejalanya kalau ke hewan itu ada yang jadi pendiam, padahal sebelumnya aktif. Atau ada yang sebaliknya, dari pendiam jadi lebih aktif (agresif)," jelas Indrianti.

Hewan itu juga bakal memperlihatkan tingkah laku berbeda. Dia akan menggigit benda apapun, termasuk sesuatu yang bergerak. Bahkan, bisa saja orang yang ada di hadapannya juga digigit.

"Enggak peduli itu orang, hewan, atau benda apapun yang bergerak, dia akan mengejar dan menggigit," tuturnya.

Selain itu, hewan juga akan takut pada cahaya dan berliur berlebihan. Sedangkan pada manusia yang tertular rabies akibat hewan, gejalanya juga hampir sama. "Itu karena syaraf otak yang diserang, jadi kontrol dirinya enggak ada," ucap Indrianti.

Baca Ini Juga Yuk: Alasan Anak Indonesia Sebaiknya Divaksin MR

Yang perlu TemanBaik sadari, jika hewan peliharaan terjangkit rabies, hal itu akan membahayakan lingkungan sekitar. Sebab, hewan peliharaanmu bisa jadi penular untuk hewan hingga orang-orang di sekitar tempat tinggil.

"Kita minta masyarakat lebih peduli bahwa oh iya rabies ini ternyata bukan hanya buat saya, tapi buat (keamanan) lingkungan juga. Jadi kalau punya hewan peliharaan wajib divaksinasi rabies supaya menghindarkan (menularkan) ke lingkungan tadi," pungkas Indrianti.

Nah, TemanBaik, jangan anggap enteng lagi ya. Secepatnya bawa hewan peliharaanmu untuk divaksin rabies. Kalau sudah divaksin dan sehat, kamu akan lebih aman dan nyaman bermain dengan mereka. Hewan peliharaanmu juga akan bagi lingkungan sekitar.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler