Waspada! Gelisah Berlebihan dapat Berujung Jadi OCD

Sering Cemas? Mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan? Atau Teman Baik kerapkali melakukan sesuatu berkali-kali agar hasilnya sempurna?

Wah, harus diwaspadai ada indikasi Obssessive Compulsive Disorder, sebuah gangguan psikologis yang membuat penderitanya terobsesi untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan.

Meskipun gangguan ini belum dapat diketahui secara jelas penyebabnya, namun ilmuwan memprediksi faktor keturunan dan depresi dapat menjadi salah satu pemicu. Selain itu, karakter perfeksionis, teliti dan rapi juga rentan mengalami penyakit ini.

Beberapa gejala ini dapat menjadi tanda yang mengindikasikan apakah seseorang benar-benar mengidap OCD :

1. Selalu merasa tangan atau bagian tubuh terkontaminasi kotoran, sehingga penderita akan membersihkan diri atau perlengkapan untuk menghindari kuman, bakteri atau virus secara berkali-kali (compulsive).

2. Cek & Re-Check segala kebutuhan maupun kegiatan untuk memastikan mereka terhindar dari suatu bencana. Contohnya, mengecek kunci rumah berkali-kali untuk mencegah adanya pencuri, atau memastikan kabel seterika telah tercabut untuk mencegah kebakaran.

Baca Ini Juga Yuk: Stres dengan Pekerjaan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Mengerjakan sesuatu secara berurutan dan presisi. Susunan sendok dan garpu dapat mereka susun dengan sangat sejajar dan mereka akan merasa risih dan tidak tenang apabila tidak melakukan kegiatan semacam ini loh, Teman Baik

4. Menyimpan berbagai barang bekas untuk jaga-jaga apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Banyak orang menafsirkan dirinya adalah penderita OCD tanpa diagnosa lebih lanjut, namun apabila berbagai ritual di atas mulai tidak masuk akal untuk dikerjakan dan membuat Teman Baik merasa terbebani, maka sudah saatnya melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke ahlinya.

Meskipun penyakit ini tak dapat disembuhkan, tapi jangan khawatir karena berbagai terapi dan obat-obatan telah tersedia. Selain itu, mengontrol pikiran dan ingatan, tidur yang cukup dan melakukan kegiatan relaksasi seperti meditasi, yoga maupun olahraga juga dapat menjadi solusi mencegah dan mengatasi Obsessive Compulsive Disorder. Selamat Mencoba!


Sumber Foto : Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler