5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruangan

Jember - Sekarang semakin banyak saja orang yang menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi interior. Baik di kantor, rumah, kafe, atau tempat lainnya. Tak heran jika sudut-sudut rumah jadi lebih menarik dan asri karena kehadiran si cantik satu ini.

Namun, tidak semua tanaman hias memberikan manfaat dari segi estetika saja. Kalau TemanBaik butuh tanaman yang dapat menyerap racun dari asap rokok, beberapa tanaman hias berikut bisa jadi referensinya loh.

Palem Kuning

Tanaman yang satu ini cocok diletakkan di pojok ruangan. Tapi, TemanBaik juga bisa menyesuaikannya dengan ukuran. Pasalnya, palem kuning bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 6 meter. 

Agar tanaman yang satu ini tumbuh dan berkembang secara maksimal, pastikan media tanam dan frekuensi penyiramannya dilakukan dengan tepat. Adapun beberapa jenis racun yang dapat terserap oleh palem kuning adalah amonia, karbon monoksida, benzena, trikloroetin, formaldehida, dan xylene.

Lidah Mertua

Bentuk tanaman ini relatif sederhana, dengan daun yang tidak terlalu banyak. Perawatan yang perlu dilakukan pun sama simpelnya, yaitu dengan penyiraman yang rutin dan menempatkannya di lokasi yang tidak terlalu kering.

Baca Ini Juga Yuk: Cara Ajari Anak Peduli Tanaman dan Satwa Sejak Kecil 

Walau terkesan bersahaja, rupanya lidah mertua punya kemampuan yang menakjubkan loh. Tanaman ini dapat membantu menyerap sebanyak 107 unsur polutan yang ada di dalam udara. Bahkan, kandungan pregnane dan glikosid yang dimilikinya mampu menyerap radiasi di dalam ruangan yang berasal dari peralatan elektronik.

Gerbera

Siapa sangka si cantik gerbera juga mempunyai kemampuan untuk menyerap racun rokok.  Tidak hanya itu, tanaman hias ini dinyatakan mampu menyerap racun dari gas polutan lainnya hingga 90 persen, serta dapat menghasilkan uap air yang akan membuat ruangan jadi terasa lebih segar.

TemanBaik bisa meletakkan potongan bunga Gerbera di dalam vas berisi air kalau memiliki bunga potongnya. Namun, kalau ingin Gerbera bertahan lebih lama, kamu bisa menanamnya menggunakan pot seperti biasa.

Pakis Boston

Berbeda dari tiga referensi sebelumnya, Pakis Boston bisa TemanBaik letakkan dengan cara menggantungkannya. Namun, kalau TemanBaik lebih menyukainya diletakkan di atas meja, nakas, atau benda-benda semacamnya, tidak masalah, kok.

Baca Ini Juga Yuk: Ani Ratnaningsih Sulap Limbah Tanaman Jadi 'Kembang Kamonesan'

Kandungan racun seperti xylene yang dihasilkan dari asap rokok akan diserap oleh stomata Pakis Boston. Selanjutnya, metabolisme tanaman akan mengubah senyawa berbahaya tersebut menjadi zat yang bermanfaat.

Sirih Belanda

Satu lagi tanaman hias yang dipercaya mampu menyerap racun yaitu sirih belanda. Daunnya yang berbentuk menyerupai hati ini sangat ampuh loh menyerap berbagai racun.

Berdasarkan penelitian, sirih belanda mampu menyerap benzena dan formaldehida sekitar 50 persen dalam satu hari. Bahkan, gas karbon monoksida yang dihasilkan di rumah juga dapat diserap sampai 75 persen.

Nah, itulah beberapa tanaman hias yang bisa TemanBaik gunakan untuk dekorasi sekaligus membersihkan udara di dalam ruangan. Semoga bermanfaat ya!


Ilustrasi: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler