Nih! Cara Merawat Radio Antik Agar Tetap Menyala

Bandung - TemanBaik punya radio antik? Meski tidak mengoleksinya secara khusus, mungkin ada radio antik milik orangtua, kakek-nenek, atau saudara lainnya yang tersimpan di rumah.

Sayang loh TemanBaik jika radio antikmu rusak. Suatu saat, radio antik itu akan jadi barang yang sangat berharga. Bahkan, kamu bisa menjualnya dengan harga mahal loh.

Sehingga, jika punya radio antik, sebaiknya kamu merawatnya. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya di sini!

Jika radio antik kamu masih berfungsi alias menyala, kamu harus rutin loh menyalakannya. Kamu bisa menyalakannya seminggu sekali, dua minggu sekali, atau maksimal sebulan sekali. Kok harus dinyalain?

"Dengan menyalakan atau memanaskannya, elektron-elektron di dalam radionya akan aktif. Kalau aktif itu akan membuat radio itu jadi lebih awet," kata anggota Komunitas Radio Antik Bandung (KRAB) Prayudi Wibowo.

Berdasarkan pengalaman, banyak rekan-rekannya yang memiliki radio antik dengan kondisi masih menyala. Tapi, karena lama tidak dinyalakan, radionya justru mati. "Itu antara lain penyebabnya karena itu, karena tidak dinyalakan secara rutin. Jadi rusak karena tidak dipakai," jelasnya.

Baca Ini Juga Yuk: 8 Hal Berkesan yang Bisa Kamu Dapatkan Cuma Lewat Radio

Untuk menyalakan radio, Prayudi mengatakan sebenarnya tidak butuh waktu lama. Agar tidak terlalu panas, cukup dinyalakan 5-10 menit saja secara berkala antara seminggu hingga sebulan sekali. "Jangan terlalu lama karena itu kan barang tua, komponen di dalamnya mudah rapuh," ucapnya.

Berikutnya, Prayudi menyarankan agar radio dihindarkan dari debu. Caranya, bisa dengan memasukkan radio antik ke lemari. Sebab, jika dibiarkan di tempat terbuka, kemungkinan debu masuk ke bagian dalam radio sangat besar.

Saat debu menempel pada komponen dalam radio, hal itu memungkinkan akan merusaknya. Yang tak kalah penting, radio harus dijaga agar tidak lembab. Hal ini penting karena iklim di Indonesia yang lembab.

Sehingga, kamu harus pintar-pintar menjaga agar radio antikmu tidak 'kedinginan'. "Radionya bisa dibungkus pakai plastik atau kalau mau dipajang pakai (kotak) kaca lebih bagus," tutur Prayudi.

Ada tambahannya nih, TemanBaik. Kamu juga harus mengelap radio antikmu secara berkala. Selain agar tidak kotor, radio antikmu akan terlihat lebih cantik kan ketika bersih.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler