Keren! Pria Ini Ubah Hobi Koleksi Mobil-mobilannya Jadi Prestasi

Surabaya - Seperti kata pepatah 'Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar', hal ini rupanya turut dirasakan oleh Atyd Pradana, salah seorang customizer die cast asal Surabaya.

Bermula dari ketertarikannya pada die cast sejak masih berumur 3 tahun, Atyd mulai berani mencoba peruntungannya di dunia bisnis custom die cast ini sejak 3-4 tahun lalu. "Berawal dari ketidakpuasan atas die cast yang dijual pabrikan yang kesannya masih seperti mainan. Lalu iseng dicustom supaya bisa diubah sesuai keinginan," ujar Atyd.

Setelah mengunggah hasil custom die cast-nya di media sosial, rupanya banyak yang mengapresiasi karya Atyd dan mulai banyak yang menawar untuk membeli. "Karena semakin banyak apresiasi, akhirnya saya penasaran untuk mencoba sisi bisnis dalam dunia die cast," jelas Atyd.

Hingga saat ini, para pelanggan Atyd pun enggak hanya dari dalam negeri aja loh. Justru, kebanyakan dari internasional dengan perbandingan antara pelanggan internasional dan lokal sebanyak 60:40. "Sejauh ini banyak request dari Amerika, Australia, Perancis, Kanada, India, Malaysia, Qatar, UEA dan lainnya dengan omset rata-rata 15-30 juta per bulannya," tutur Atyd.

Kerennya lagi, enggak sekadar fokus berbisnis aja. Atyd juga beberapa kali menorehkan prestasi dari custom die cast yang ia tekuni. "Syukurlah, baik skala nasional hingga internasional pernah saya dapat," ujarnya.

Baca Ini Juga Yuk: Eni Sulap Kardus Jadi Mainan Unik, Intip Kreasinya Yuk!

Yang terbaru, Atyd mendapat juara di beberapa kategori dalam acara Indonesia Custom Convention. Yakni, Juara 1 Diorama, Juara 2 Best Konsep/Imajinasi, Juara 2 Best Rusty Car, Juara 2 Kategori Aksesoris, dan Juara 3 Kategori Custom Offroad. Serta beberapa juara lain di skala lokal yang berhasil ia kantongi.

Di kancah internasional, Atyd pernah menjadi salah satu pemenang Matchbox Custom Contest 2017 yang diadakan oleh "Matchbox" di California, Amerika Serikat. Di mana dalam kontes tahunan itu, hanya terpilih sekitar 25 pemenang dari total peserta sekitar 5000-an dari seluruh dunia.

Atyd pun turut membagikan kunci suksesnya di bidang ini kepada publik melalui workshop. Salah satunya yang diadakan di acara Customland pada 2018 lalu. "Selain workshop, beberapa rekan ada yang datang ke bengkel die cast saya untuk belajar bersama. Dan hampir dari semua daerah tertarik mengikuti workshop yang saya adakan. Pernah juga menerima peserta workshop secara privat dari Brunei Darussalam," ungkap Atyd.

Ke depannya, Atyd berharap akan semakin banyak orang Indonesia yang mengapresiasi karya-karya seniman customizer die cast, yang diiringi dengan semakin besarnya nama Indonesia di dunia custom die cast.

"Karena peluangnya masih sangat bagus ke depan. Dan permintaan dari luar pun cukup bagus pasarnya. Jadi salah satu caranya ya selalu berinovasi menciptakan hal baru. Karena bagi saya, die cast bukan sekedar mainan. Tapi suatu seni yang semakin diapresiasi akan semakin berdampak positif," tandas Atyd. Well, maju terus ya customizer die cast Indonesia!


Foto: Dokumentasi Atyd Pradana


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler