Yuk, Bikin Sendiri Masker Wajah dengan Buah-Buahan Ini!

Bandung - TemanBaik tentu sudah tahu sejak dulu bahwa buah merupakan sumber nutrisi mineral dan vitamin alami yang sangat dibutuhkan tubuh. Tak hanya memberikan benefit di dalam tubuh, manfaat lain yang biasanya mudah ditemui dari konsumsi buah-buahan segar secara rutin adalah kulit yang tampak lebih segar, bersih, dan sehat.

Nah, bicara soal kesehatan kulit melalui konsumsi buah, kamu tidak harus selalu memakannya, lho! Beberapa jenis buah segar juga bisa menjadi bahan masker organik DIY sesuai kebutuhan kulitmu seperti berikut ini.

Pisang
Di samping kaya akan karbohidrat yang kerap menjadikannya sebagai menu sarapan favorit para atlet, pisang juga mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin B6 dan C utamanya, merupakan komposisi yang sangat krusial untuk menciptakan kulit yang lebih kenyal, kencang, segar, dan bersinar.

Kulit Jeruk
Kulit jeruk yang telah dibersihkan dan dijemur di bawah sinar matahari selama tiga hari dapat jadi bahan masker, lho! Bahan ini dapat membantu membersihkan kulit dengan membuka pori-pori yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya jerawat dan komedo serta mengurangi produksi minyak berlebih di area wajah.

Kiwi
Perpaduan dua buah ini akan memberikan efek glowingpada wajah bila digunakan secara rutin. Kiwi sangat kaya kandungan vitamin C dan E, antioksidan, dan asam lemak omega 3. Senyawa ini akan membantu meremajakan kulit, melembapkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, menangkal radikal bebas, mengurangi jerawat, mencegah produksi sebum berlebihan, serta mencerahkan kulit dan membantu proses eksfoliasi.

Alpukat
Buah ini mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Alfa dan beta-karotennya berfungsi menangkal serangan radikal bebas, sehingga mampu melindungi kulit wajah dari kerusakan lingkungan. Alpukat biasanya juga banyak digunakan untuk mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini serta merawat kulit yang teriritasi.

Pepaya
Enzim papazin pada papaya sangat bermanfaat dalam proses pengelupasan sel-sel kulit mati. Di samping itu, buah yang tinggi kandungan vitamin A ini juga mempunyai khasiat memberikan relaksasi pada kulit yang berjerawat, menghilangkan bekas luka dan vlek, menghilangkan garis-garis halus, serta menjadikan kulit lebih lembap, bercahaya, dan cerah.


Sumber gambar: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler