5 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Wajah yang Jarang Orang Tahu

Bandung - Kaktus adalah tanaman yang mampu bertahan hidup di daerah kering. Memiliki akar yang panjang dan dapat mencari air dengan memperlebar penyerapannya di dalam tanah. Umumnya, tanaman yang satu ini diletakkan di dalam ruangan sebagai hiasan di dalam rumah. Tapi enggak cuma bisa bikin cantik ruangan, kaktus juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit loh, mau tahu apa saja?

Mencegah Penuaan Dini
Kaktus memiliki kandungan anti oksidan, seperti betalain yang mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Kandungan ini adalah anti-oksidan super yang dapat mengurangi pembentukan garis halus dan keriput. Kaktus juga kaya kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit. 

Pelindung Alami
Kaktus adalah tumbuhan yang mengandung flavonoid hingga zat anti peradangan yang dapat menyamarkan bercak hitam pada kulit, loh. Zat yang dikandungnya tersebut bisa digunakan untuk meredakan rasa perih di kulit akibat terbakar oleh sinar alami.

Lawan Radikal Bebas
Kaktus juga bermanfaat untuk melawan radiasi sinar matahari, polusi udara hingga asap rokok yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan sel dan jaringan kulit. Kandungan flavanoid dan vitamin E pada tanaman ini juga dapat melawan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Hilangkan Komedo
Minyak yang dihasilkan dari tanaman kaktus ampuh juga loh untuk menghilangkan komedo. Kaktus yang telah diolah dan diekstrak minyaknya dapat bermanfaat untuk mengangkat komedo yang membandel di area hidung. 

Perbaiki Sel Kulit
Berkat kandungan anti-oksidannya yang sangat tinggi, kaktus dapat memperbaiki sel kulit yang rusak. Kandungan anti-oksidannya mampu meregenerasi kulit menjadi lebih cepat sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan segar. Kemerahan dan hiper pigmentasi dan masalah pori-pori pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan skin care yang mengandung kaktus. Kandungan asam lemak pada kaktus yang mampu membuat lapisan kolagen pada kulit tetap lembap dan sehat, sehingga pori-pori akan tetap rapat.

Saat ini, pelembab dan produk perawatan kulit dan tubuh juga sudah banyak yang mengandung kaktus loh TemanBaik. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai toko kesehatan maupun kecantikan. Tertarik mencoba?

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler