5 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Bandung - Jamur adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan bersifat heterotrof, tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Jamur mempunyai berbagai macam nutrisi yang terbilang lengkap loh. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jamur juga dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi kognitif alias ingatan. Simak apa saja manfaat jamur bagi kesehatan berikut yuk!

Sumber Vitamin
Jamur mengandung vitamin D yang mampu menjaga kesehatan tulang, jantung dan membantu penyerapan mineral di dalam tubuh. Jamur juga kaya akan vitamin B, seperti niacin (B3), riboflavin (B2) dan asam pantotenat (B5).

Antioksidan
Jamur mengandung antioksidan yang disebut selenium yang mampu memperlambat penuaan dini. Antioksidan bekerja dengan cara melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

Baca Ini Juga Yuk: Meski Pahit, Pare Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Loh!

Protein
Dalam 70 gram jamur terkandung protein sebanyak 2,2 gram. Protein dalam jamur memiliki dampak yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan diduga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baik untuk Ingatan Lansia
Orang lanjut usia yang mengalami gangguan kognitif ringan (MCI) dan penurunan demensia serius kerap menampilkan beberapa bentuk kehilangan ingatan. Para peneliti meyakini kalau mengonsumsi jamur dapat membantu lansia memiliki peluang berkurangnya 50 persen mengalami gangguan kognitif. Dengan mengonsumsi sekitar 150 gram jamur jenis apapun setiap minggunya.

Kalium
Kalium sangat penting untuk kesehatan otot, jantung, kerja saraf dan membantu ginjal menyaring darah. Kalium juga dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah dan menormalkan detak jantung sehingga memberikan dampak pada kesehatan jantung.

Hampir semua jenis jamur memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. TemanBaik bisa memilih mana jenis jamur yang paling disukai dan mengonsumsinya. Namun kamu tetap harus memerhatikan cara mengolahnya ya, hindari memasak jamur di suhu terlalu tinggi. Kamu juga harus berhati-hati dalam memilih jenis jamur, hindari mengonsumsi jamur yang tumbuh liar karena berisiko mengandung racun berbahaya.

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler