7 Pertanyaan Finansial yang Perlu Didiskusikan Sebelum Menikah

Jember - Pernikahan adalah salah satu fase yang sangat penting dalam hidup dan didambakan, berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan membutuhkan banyak persiapan. Salah satu yang menjadi poin sangat penting adalah finansial.

Terlepas dari penilaian subjektif soal kemapanan, TemanBaik tentu memahami kalau kondisi finansial kerap menjadi akar permasalahan dalam sebuah rumah tangga. Walau tidak selalu, ketidaksesuaian isu keuangan antara suami dan istri terlampau sering menjadi pemicu masalah-masalah kecil hingga besar.

Untuk itu, penting sedari awal untuk setiap calon pasangan suami dan istri saling memahami dan menerima situasi keuangan pasangannya. Masing-masing pihak haruslah saling terbuka terhadap apa pun supaya enggak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Maka dari itu, coba bicarakan dengan si dia mengenai hal ini. Setidaknya, beberapa pertanyaan mendasar ini dapat kamu dan dia jadikan dasar untuk berpikir dan melangkah ke tingkat yang lebih tinggi dengan menyadari setiap konsekuensinya.

Apa Tujuan Finansialmu?
Seperti karier, finansial juga membutuhkan tujuan tertentu. Buat diskusi yang menyenangkan tentang rencana keuangan sekaligus cita-cita yang ingin dicapai, seperti dana untuk liburan pribadi maupun bersama-sama, membeli barang yang sudah lama diimpikan, dan lain-lain.

Baca Ini Juga Yuk: Hemat Keuangan dengan Cara Ini, Yuk!

Apa Tujuan Finansial dalam Jangka Panjang?
Akan ada banyak hal yang terjadi saat dua individu bersatu dalam pernikahan: rumah baru, anak, dana pendidikan, kebutuhan rumah tangga yang terdiri dari beberapa orang, dan sederet lainnya. Bicarakan dengan pasangan apa saja tujuan tersebut dan bagaimana langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

Bagaimana Sikapmu Terhadap Uang?
Setiap orang dibesarkan dengan cara dan latar belakang berbeda yang akan membentuk sikap tertentu terhadap uang, beberapa orang terbiasa dengan kehidupan mewah dan tak perlu risau soal makan, beberapa lainnya bahkan harus letih bekerja untuk sesuap nasi setiap harinya. Terbukalah dengannya terhadap kondisi ini, dan cobalah mencari jalan tengah bila kamu dan dia berbeda pandangan.

Untuk Apa Saja Uangmu Dibelanjakan?
Kebutuhan dan kebiasaan berbelanjamu dan dia boleh jadi berbeda. Sebelum menjadi satu dalam ikatan pernikahan dan terkejut dengan hal-hal yang di luar perkiraan, pastikan kamu dan dia sudah saling mengerti dan menyepakati hal paling mendasar ini.

Baca Ini Juga Yuk: Lakukan Lima Hal Ini Biar Kamu Enggak Stres Jelang Pernikahan

Apa Saja Tanggungan yang Kamu Miliki?
Setiap calon pasangan harus tahu apa saja tanggungan keuangan yang dimiliki dan masih harus diselesaikan. Tanggungan ini dapat berupa cicilan kendaraan, cicilan hunian, dan lain-lain.

Bagaimana Sejarah Catatan Keuanganmu?
Sama seperti seks, banyak orang yang masih merasa tabu atau enggan untuk menceritakan riwayat keuangannya. Tanpa adanya pembicaraan ini, maka hanya ada asumsi yang akan terbangun dan justru menimbulkan potensi berbahaya kelak.

Bagaimana Pengaturan Keuangan Bersama Nanti?
Pembahasan soal uangmu, uangnya, dan uang kalian harus sudah dilakukan dan disepakati sejak awal. Beberapa orang merasa tidak keberatan untuk saling berbagi, tetapi ada pula beberapa lainnya yang memilih untuk menjadikan uangnya sebagai uang kalian, sedangkan uangmu tetap menjadi uangmu sendiri.

Nah, itulah beberapa hal soal finansial yang perlu kamu dan pasangan siapkan sebelum memasuki pernikahan. Setidaknya, informasi dan keterbukaan satu sama lain tentang kondisi ini dapat meminimalkan beberapa risiko keributan yang mungkin terjadi ke depannya.


Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler