5 Manfaat Pisang Buat Kecantikan dan Kesehatan Kulit Wajah

Siapa yang tak kenal pisang, sih? Selain mudah didapat dengan harga yang murah, si kuning nan manis ini juga mempunyai banyak manfaat.

Umumnya, pisang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik dan jadi sahabat para atlet. Selain itu, buah bertekstur lembut ini juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan berbagai kebaikan dalam tubuh lainnya.

Namun, tahukah TemanBaik bahwa ternyata si kuning ini punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Tak hanya dari kulit, dagingnya yang putih pun dapat kamu manfaatkan untuk mendapat benefit ini, lho!

Mengurangi Efek Penuaan Dini
Pisang yang juga dikenal sebagai botoks alami mempunyai kandungan nutrisi untuk memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah kerutan serta garis-garis halus pada wajah. Kamu bisa membuat masker ini dengan bahan-bahan berikut:
- 1 buah pisang yang sudah dihaluskan
- 1 sendok teh jus jeruk
- 1 sendok teh yogurt kental

Baca Ini Juga Yuk: Yuk, Bikin Sendiri Masker Wajah dengan Buah-Buahan Ini!

Mengatasi Jerawat
Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke bagian wajah yang bermasalah untuk mengurangi inflamasi serta membunuh bakteri. Untuk mendapatkan hasil lebih komplit yakni mengurangi jerawat, mencerahkan kulit, dan melembapkan kulit, gunakan masker dari bahan-bahan ini secara konsisten:
- 1 buah pisang yang sudah dihaluskan
- 1 sendok teh madu asli
- kunyit secukupnya

Mengontrol Minyak Wajah Berlebih
Buah ini merupakan bahan yang bagus untuk pengelupasan kulit, ia membantu menghilangkan sebum berlebih pada permukaan wajah serta memiliki kandungan potasium, vitamin E, dan vitamin C yang dapat membuat wajah lebih glowing. Bahan maskernya juga tidak susah kok, seperti berikut ini:
- 1 buah pisang yang sudah dihaluskan
- 1 sendok teh madu asli
- ½ sendok teh jus lemon
- Melembapkan Kulit Wajah

Kandungan potasium dan pelembap pada pisang secara alami akan membantumu mengatasi masalah yang satu ini. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengaplikasikan pisang yang telah dihaluskan di permukaan wajah selama sekitar 10 hingga 15 menit.

Mencerahkan Bintik-Bintik Gelap
Bekas jerawat, bintik penuaan, tahi lalat kecil, atau noda-noda lain di permukaan wajah dapat diatasi dengan pisang. Caranya pun sama mudahnya, yakni hanya dengan mengaplikasikan pisang yang telah dihaluskan pada permukaan wajah dengan frekuensi dua kali dalam seminggu.

Ternyata banyak juga ya, manfaat pisang untuk kesehatan dan kecantikan kulit! Ditambah dengan cara memperoleh kebaikannya yang cukup mudah dan ekonomis. Jadi makin tak punya alasan untuk tidak menyukai buah yang satu ini, deh!


Foto ilustrasi Unsplash.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler