4 Cara Agar Aroma Parfum Tahan Lama Saat Cuaca Panas

Jember - TemanBaik tentu ingin wangi sepanjang hari, bahkan berjam-jam setelah beraktivitas sekalipun. Namun, aroma parfum yang digunakan akan menipis seiring waktu dan menjadi lebih cepat pudar saat cuaca sedang panas.

Kalau sampai jadi bau matahari atau aroma tubuh yang tidak sedap menguar, pasti akan jadi kesal. Rasa percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang pun jadi berkurang drastis sehingga membatasi ruang gerak.

Padahal, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat aroma parfum tahan lama saat cuaca sedang panas, lho! Seperti yang disampaikan Steve Jhonson, sommelier parfum bersertifikat dari Scentbird, empat tips ini jadi kuncinya.

Kenali Jenis Wewangian yang Dipilih
Aturan pertama, pastikan kamu mengenali betul perbedaan EDC (Eau de Cologne), EDT (Eau de Toilette), EDP (Eau de Parfume), Extrait, dan lain-lain. Masing-masing jenis ini mempunyai rasio konsentrasi minyak esensial dan alkohol yang berbeda sehingga membuat ketahanan aromanya pun berbeda. Bila ingin aroma yang lebih tahan lama, pilih jenis EDP.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Asal Beli, Kenali Perbedaan 5 Jenis Pewangi Tubuh

Pastikan Tubuh Selalu Terhidrasi
Kulit kering akan meminimalkan kandungan bahan pada parfum untuk masuk ke dalam kulit dan bereaksi dengan zat-zat kimia dalam tubuh. Akibatnya, aroma parfum pun akan terevaporasi dengan lebih cepat. Solusinya tidak lain adalah untuk minum sesuai kebutuhan tubuh untuk menjaga kadar hidrasi kulit.

Simpan Parfum dengan Benar
Jangan sembarangan menyimpan parfum favoritmu. Tak jauh berbeda dengan anggur, parfum yang terekspos panas atau cahaya terlalu banyak akan membuat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya menjadi rusak. Top notes parfum akan hilang dan membuatmu tak lagi dapat menikmati aroma tersebut.

Balik Proses Aplikasinya
Selama ini, begini tahapan yang kemungkinan besar kamu lakukan: menggunakan body lotion terlebih dahulu, lalu parfum. Saat melakukan ini, kamu justru memblokir minyak esensial pada parfum untuk terserap ke dalam kulit dan membuat proses evaporasi jadi semakin cepat. Mulai sekarang, gunakan parfum terlebih dahulu baru kemudian aplikasikan body lotion atau pelembap.

Ternyata tidak susah atau ribet, kan? Yuk, praktikan mulai sekarang untuk membuatmu terus merasa segar dan wangi sepanjang hari!


Sumber gambar: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler