5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur

Bandung - Sahur adalah waktu makan yang sangat penting saat puasa. Menu sahur yang sehat dapat membuat kamu kuat menjalani ibadah puasa selama kurang lebih 12 jam. Nah biar puasa kamu lancar, perhatikan asupan kamu selama berpuasa ya, termasuk menghindari beberapa makanan dan minuman berikut ketika sahur.

Kopi
Kopi mengandung asam yang dapat mengganggu kenyaman perut. Chlorogenic acid yang terdapat dalam kopi dapat memicu naiknya kadar keasaman perut serta meningkatkan produksi asam lambung. Komponen lainnya pada kopi juga dapat mempercepat kerja sistem pencernaan. Kopi juga dapat menstimulasi kerja usus besar yang membuat tubuh membuang sisa pencernaan lebih cepat.


Soda
Minuman bersoda harus dihindari saat sahur karena dapat mempercepat rasa haus. Soda juga bisa memicu gas lebih banyak di perut dan membuat perut terasa kembung atau bahkan terlihat lebih buncit.

Makanan Pedas
Makanan pedas harus dihindari sebagai menu santap sahur karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih. Makanan pedas juga bisa membuat permukaan lambung lebih rapuh dan mengalami luka. Terutama buat TemanBaik yang punya masalah dengan lambung seperti maag, kamu harus menghindari makanan pedas saat sahur, ya!

Makanan Asin
Makanan asin juga dapat menstimulasi rasa haus. Makanan asin seperti kacang yang diasinkan, kuaci dan makanan lainnya yang memiliki kadar garam yang tinggi harus kamu hindari saat sahur. Kamu juga bisa mengurangi penggunaan jumlah garam dan penyedap yang digunakan dalam masakan selama bulan Ramadan.

Makanan Berlemak tinggi
Makanan yang mengandung lemak yang tinggi dapat menghambat dan memperlambat proses pengosongan perut sehingga dapat menimbulkan sembelit, diare dan lainnya. Sebagai penggantinya, kamu dapat mengonsumsi jenis makanan yang sama dengan cara pengolahan yang berbeda, seperti mengganti menu opor ayam dengan ayam bakar. Serta mengonsumsi buah dan sayuran.

Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler