4 Cara Bikin Panggul Tetap Kuat dan Sehat Selama Ramadan

Yogyakarta - Di bulan puasa saat ini, mungkin ada beberapa orang yang menghabiskan waktunya dengan bekerja, bermalas-malasan, hingga ada juga yang tidur selama seharian. Namun, ada juga beberapa orang yang menghabiskan waktunya dengan berolahraga ringan, untuk menjaga otot-otot dasar panggul mereka tetap sehat. Nah berikut adalah cara yang direkomendasikan untuk menjaga otot-otot panggul kamu.

Lakukan Latihan Kegel
Pedoman baru dari National Institute for Health and Care Excellence merekomendasikan pelatihan otot-otot dasar panggul sebagai titik perawatan bagi wanita dengan inkontinensia urin dan prolaps organ panggul. Latihan dasar panggul juga serupa untuk pria dan wanita.

Idealnya, kamu harus duduk atau berbaring dengan posisi tubuh yang rileks. Kemudian kencangkan bagian belakang seakan mencoba menghentikan dirimu lewat angin, dan bayangkan itu mengangkat dan maju, tetap pegang bagian belakangmu secara rileks. Lakukan hal tersebut selama 12 detik, berulang selama 10 hingga 12 kali, dan lakukan selama 3 kali sehari.

Baca Ini Juga Yuk: Sudah Tahu Bedanya Pilek dan Flu? Ini Penjelasannya

Rekomendasi Lewat Aplikasi
Aplikasi seperti NHS Squeezy, dapat mengingatkan dan memandu pengguna untuk melatih otot dasar panggul mereka, aplikasi ini didukung untuk pengguna laki-laki maupun perempuan. Sedangkan untuk wanita, ada aplikasi khusus yang dapat membantu latihan, seperti Elvie dan Kegel 8.

Hindari Kerusakan pada Dasar Panggul
Salah satu cara menghindari kerusakan pada panggul adalah menjaga berat badan agar terus tetap sehat. Jika kamu kelebihan berat badan, itu akan memberi tekanan ekstra pada otot-otot yang ada di perut. Belajarlah mengangkat beban berat, seperti membawa tas belanja atau menggotong balita, hal sederhana tersebut dapat melindungi kerusakan pada dasar panggul.

Ikuti kelas olahraga
Di kelas olahraga, apalagi saat ngabuburit, kamu akan dipertemukan dengan latihan-latihan asik seperti Squats, Bridges dan Lunges. Latihan-latihan beban memang bisa menjadi tambahan yang sangat bagus untuk penguatan dasar panggul, apalagi jika diajarkan dengan benar diikuti juga dengan penggunaan sistem inti dengan tepat.

Demikian beberapa hal yang harus dilakukan, jika kamu ingin menjaga diri untuk tetap sehat saat bulan puasa, tidak ada salahnya mencoba beberapa hal yang sudah dirangkum di atas.



Foto: Getty Images

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler