Begini Cara Mandi Saat Kemarau Agar Kulit Tidak Kering

Bandung - TemanBaik, saat musim kemarau ini, terutama saat siang, cukup panas kan cuacanya? Mungkin bawaannya TemanBaik ingin mandi atau berlama-lama mandi untuk menghilangkan rasa gerah.

Tapi, hati-hati ya, jangan keseringan deh mandinya atau justru sekalinya mandi kamu sengaja berlama-lama. Biar segar? Iya, tapi ada risikonya loh.

"Mandi (saat kemarau) enggak boleh lama-lama, 5 menit saja cukup, mandinya juga pakai air dingin atau hangat, jangan air panas," kata dokter spealis kulit dan kelamin Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Reiva Farah Dwiyana, Selasa (25/6/2019).

Kenapa sih enggak boleh lama-lama mandi? Itu karena kulit kamu bisa kering. Apalagi saat musim kemarau, risiko mengalami kulit kering sangat besar. Terlebih, jika kamu lama-lama berendam di air panas yang mengandung belerang, potensi mengalami kulit kering akan lebih besar lagi.

Baca Ini Juga Yuk: Cari Tahu Serba-serbi Sumber Daya Air? Ke Web Ini Saja!

Alasannya, di dalam kulit terdapat kandungan air yang menjaga kelembapan kulit secara alami. Jika kamu lama mandi, apalagi menggunakan air panas, kandungan air di dalam kulit akan cepat menguap. Jika ditambah cuaca panas, kulit kamu bakal kering deh.

"Saat terjadi penguapan, konsentrasi air dalam tubuh akan makin berkurang (dan mengakibatkan kekeringan)," jelas Reiva.

Ia juga menyarankan agar mengurangi penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik. Meski dipercaya banyak masyarakat sabun mengandung antiseptik membuat tubuh lebih bersih, ada dampak negatifnya juga loh jika keseringan dipakai.

"Jangan pakai sabun antiseptik, itu akan bikin tambah kulit lebih kering," ungkapnya.

Menurut Reiva, penggunaan sabun antiseptik tidak masalah jika jarang digunakan. Tapi, saat musim kemarau, sebaiknya TemanBaik memilih menggunakan sabun yang mengandung pelembab deh. Tujuannya agar risiko kulit menjadi kering bisa diminimalisir.

Nah, TemanBaik jangan salah lagi ya mandinya. Kamu enggak mau kan kulit kamu kering gara-gara cara mandi yang salah?


Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler